okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 08 Jan 2013 04:13:20 GMT | By fetra, okezone.com

Ancam Bumi, NASA Siapkan Penangkal Asteroid Raksasa



Ancam Bumi, NASA Siapkan Penangkal Asteroid Raksasa

CALIFORNIA - Badan antariksa asal Amerika Serikat, National Aeronautics and Space Administration (NASA) kabarnya akan mempertimbangkan untuk menangkap asteroid raksasa. Dengan menangkap asteroid berukuran besar dan menempatkannya di orbit tinggi sekitar bulan, maka kemungkinan benda luar angkasa tersebut tidak akan mengancam Bumi di 2020.

Dilansir Wired, Selasa (8/1/2013), melalui keterangan dari Keck Institute for Space Studies di California, NASA mengonfirmasi bahwa pihaknya akan menaruh perhatian tinggi pada projek terkait dan langkah tersebut diharapkan akan membuahkan hasil di 2020-an.

Menurut New Scientist, ide untuk mengalihkan lajur asteroid ini berhubungan dengan antusiasme Presiden Amerika Serikat Barack Obama untuk mengirimkan misi berawak ke asteroid dekat Bumi. Jika robot NASA dapat menjemput dan menempatkan objek luar angkasa itu di orbit sekitar bulan, maka kru pesawat luar angkasa dapat terlibat tanpa perlu bergerak melampaui jangkauan misi penyelamatan.

Kabarnya, NASA menyiapkan waktu selama 6 hingga 10 tahun dan melihat pesawat luar angkasa bergerak menuju target asteroid. Kemudian, NASA akan menangkap asteroid tersebut dalam sebuah tas besar serta mengirimkannya kembali ke bulan.

Penggunaan potensial yang akan dilibatkan NASA sebagai langkah antisipatif ini, salah satunya dengan menggunakan metode objek luar angkasa. Objek luar angkasa ini diharapkan bisa dijadikan sebagai sumber bahan bakar atau material bangunan untuk misi luar angkasa, termasuk mendukung untuk misi perjalanan ke Mars.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    1.976 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.286 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    742 respon

Total Respon: 8.004
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft