okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 19 Apr 2013 03:30:57 GMT | By amril.amarullah, okezone.com

7 Aplikasi Penunjang Belajar Siswa Sekolah



7 Aplikasi Penunjang Belajar Siswa Sekolah

NEW YORK - Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 86 persen siswa Amerika Serikat (AS) menggunakan tablet untuk membantu mereka belajar karena lebih efisien. Bahkan 81 persen diantaranya meyakini bahwa metode belajar ini akan memperkaya pengetahuan teknologinya.

Namun, penggunaan tablet ini hanya akan efektif apabila dilengkapi dengan aplikasi yang bermutu di dalamnya. Untuk itu, Okezone merangkum tujuh aplikasi di Android yang dapat menunjang kebutuhan belajar di sekolah seperti yang dilansir BigThink, Kamis (18/4/2013) berikut ini:

1. Groupboard (gratis)

Aplikasi ini merupakan semacam papan tulis online. Siswa dapat mengakses papan untuk keperluan tugas kelompok mereka dalam merencanakan proyek-proyeknya secara nyaman di rumah.

Siswa juga bahkan dapat meng-upload foto dan dokumen atau menggambar berbagai bentuk bebas hanya menggunakan sentuhan jari saja. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fungsi chatting sehingga Anda dapat berkomunikasi dengan teman-teman secara real-time.

Tak hanya itu, aplikasi Android ini juga terintegrasi dengan iOS dan berbagai versi web browser. Hal ini memungkinkan Anda dapat terhubung satu sama lain tanpa mempedulikan platform apa yang digunakan.

2. Evernote (gratis)

Evernote merupakan software yang penyimpanan datanya menggunakan komputasi awan (cloud computing). Sinkronisasi dengan berbagai perangkat lain akan membuat catatan Anda mudah diakses kapan pun dan dimana pun.

Evernote akan memungkinkan Anda untuk menandai catatan Anda dengan masing-masing topik dan subjek yang Anda inginkan. Sehingga dapat dengan mudah ditemukan ketika Anda sedang membutuhkan bahan pelajaran untuk persiapan ujian akhir.

3. Astrid (gratis)

Astrid merupakan aplikasi to-do-list modern untuk membantu Anda memetakan jadwal kegiatan pribadi dan akademik. Anda dapat menambahkan item ke daftar Anda menggunakan teks atau suara dan mengatur reminder jadwal secara rutin melalui kalender.

Aplikasi ini ideal bagi siswa yang sedang belajar mandiri dalam mengelola kegiatannya masing-masing.

4. Hi-Q MP3 Voice Recorder (gratis)

Aplikasi ini merupakan aplikasi perekam suara yang dapat dijadikan pilihan Anda untuk merekam pelajaran yang diterangkan oleh guru/dosen. Tersedia ruang memori yang besar sehingga memungkinkan Anda merekam banyak bahan pengajaran.

Hi-Q MP3 Voice Recorder tersedia dalam dua versi yakni versi gratis dan berbayar. Perbedaannya adalah pada versi berbayar, maka Anda akan dapat merekam suara secara lebih jernih dengan 320-kbps bitrate.

5. Kindle (gratis)

Kindle adalah aplikasi untuk membaca buku-buku favorit layaknya sebuah perpustakaan. Banyak buku-buku yang dapat ditemukan pada Kindle mulai dari buku cerita dan novel populer literatur Inggris hingga buku pelajaran.

6. Document Scanner (gratis)

Dengan aplikasi ini buku, surat kabar terbaru, dan jurnal akademik berada di tangan Anda. Document Scanner akan menggunakan kamera pada perangkat Anda untuk memindai dokumen. Kemudian akan menyimpannya sebagai PDF secara otomatis dan dapat disimpan melalui komputasi awan atau email.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk memilih ukuran halaman melalui fitur kompresi. Tak hanya sampai disitu, anda juga dapat menyesuaikan kebutuhan dokumen Anda.

7. Flashcards ToGo (gratis)

Aplikasi ini memungkinkan siswa untuk mempelajari berbagai tanda atau rambu-rambu lalu lintas secara mudah. Selain itu, Flashcards ToGo juga membantu Anda menambahkan suara dan visual terhadap kartu sehingga akan membuat proses belajar dengan seru.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    754 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    3.148 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    170 respon

Total Respon: 4.072
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft