JPNN
Updated: Wed, 10 Oct 2012 01:01:00 GMT | By JPNN

Kabut Tersingkap, Lubang Hitam Raksasa Terungkap



JPNN
LONDON - Para ilmuwan di University of Cambridge menemukanpopulasi besar black hole yang berkembang pesat di awal alam semesta. Studi baru menunjukkan bahwa mereka memancarkan sejumlah besar radiasi setelah menghisap galaksi induknya.


Penyelidikan tersebut menggunakan tekhnologi mutakhir survei inframerah untuk langit. Sebelumnya, lubang hitam tidak terdeteksi karena tertutup lapisan tebal debu angkasa.

Tim peneliti memublikasikan hasil penelitian mereka dalam jurnal bulanan Royal Astronomical Society. Objek paling ekstrim dalam studi adalah supermassive black hole yang disebut ULASJ1234 + 0907. Obyek ini terletak di arah rasi Virgo, sejauh 11 miliar tahun cahaya dari bumi.

Obyek tersebut muncul di awal alam semesta. Lubang hitam monster ini memiliki lebih dari 10 miliar kali massa matahari dan 10 ribu kali massa dari lubang hitam superbesar di galaksi Bima Sakti. ULASJ1234 juga menjadi salah satu lubang hitam paling besar yang pernah terlihat.

Penelitian ini menunjukkan kemungkinan terdapat 400 obyek seperti raksasa lubang hitam di bagian alam semesta yang dapat diamati. "Hasil ini bisa memiliki dampak yang signifikan pada studi supermassive black Hole" kata Dr Manda Banerji, penulis utama dari studi ini seperti dilansir sciencedaily.

Supermassive black holes dikenal tinggal di pusat-pusat semua galaksi. Di galaksi paling besar di alam semesta, mereka diperkirakan tumbuh melalui kekerasan tabrakan dengan galaksi lain, yang memicu pembentukan bintang dan menyediakan makanan untuk lubang hitam.(Esy/jpnn)

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    2.108 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.680 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    790 respon

Total Respon: 8.578
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft