JPNN
Updated: Tue, 03 Sep 2013 06:57:00 GMT | By JPNN

'Berhaji' dengan Game Android



JPNN
SURABAYA - Bagi sebagian orang, ibadah haji sangat sulit dibayangkan jika belum dilaksanakan. Lima mahasiswa ITS justru membuat "berhaji" itu sangat asyik dimainkan. Mereka merancang Siji, simulasi ibadah haji.

Lima mahasiswa itu adalah Vika Fitratunnany, Awalia Harfiani, Annisa, Siska Arifani, dan Shinta Pramesti. Mula-mula mereka mengaku sulit mencari informasi haji. Belum lagi memahami praktiknya. ''Banyak orang yang bingung. Kami ingin mencarikan solusinya,'' ungkap Vika Fitratunnany.

Bersama empat rekannya, dia lantas menciptakan game Siji itu. Aplikasi game tersebut terbilang praktis. Cukup di-install pada telepon seluler berbasis sistem operasi android. Lalu, game langsung bisa dimainkan. "Game itu mirip realita. Tiap pemain harus memecahkan masalah yang dihadapi sesuai dengan level," jelas Vika.

Game dimulai dari pemain mencari informasi haji, memenuhi syarat administrasi, memasuki asrama, pemberangkatan, proses ibadah selama di Tanah Suci, hingga pemulangan. Dengan desain grafis dua dimensi, aplikasi itu bisa dijalankan di semua ragam perangkat berbasis android. Game out Siji juga dilengkapi doa-doa haji seperti doa saat tawaf, sai, lempar jumrah, dan wukuf di Arafah.

Mereka serius membuat Siji. Dalam mencari referensi, mereka mengumpulkan informasi yang akurat tentang pelaksanaan ibadah haji. Sampai menyambangi asrama haji dan kantor kementerian agama segala. "Kami juga mengorek informasi dari jamaah haji, baik yang sudah atau akan berangkat," tambah Siska Arifani. (kus/c17/roz)

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.330 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.331 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    906 respon

Total Respon: 9.567
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft