Updated: Tue, 31 Jul 2012 10:07:00 GMT | By BeritaSatu.com Feed kanal sains

Wahana Antariksa China Akan Mendarat di Bulan pada 2013



Berita Satu

BERITASATU.COM - Menandai tonggak baru dalam perkembangan antariksa China

China akan segera meluncurkan wahana antariksa ke Bulan pada pertengahan 2013, demikian tulis kantor berita Xinhua Senin (31/7). Laporan lain menyebutkan wahana antariksa itu akan didaratkan di Bulan dan mengirim hasil penelitiannya atas permukaan bulan ke Bumi.

Jika berhasil maka itu akan menjadi pendaratan perdana China di Bulan dan menandai tonggak baru dalam perkembangan antariksa China. Menurut Xinhua pengiriman wahana itu merupakan bagian dari proyek untuk mengorbiti, mendarat, dan pemulangan kembali dari Bulan ke Bumi.

Dalam Buku Putihnya China mengatakan sedang berusaha mendaratkan manusia di Bulan, meski tidak menentukan jangka waktu yang pasti.

Bagi Beijing program antariksanya yang menelan dana miliaran dollar merupakan simbol naiknya status China di dunia internasional, bertambahnya keahlian teknis, dan keberhasilan Partai Komunis untuk mengubah China dari negara miskin menjadi negara super power.

China mengawali program antariksa pada 1999 dengan meluncurkan wahana tanpa awak, Shenzhou-1.

Dua tahun kemudian China kembali mengirimkan Shenzou-2 yang berawakan sejumlah binatang kecil dan pada 2003 China mengirim manusia pertama ke luar angkasa.

Baru-baru ini wahana Shenzou-9 menjadi misi antariksa paling lama dari China setelah menghabiskan waktu 13 hari di luar angkasa dan menjadi misi pertama yang melibatkan antariksawati.

Para kru yang terdiri dari tiga orang itu juga berhasil merapat secara manual ke Tiangong-1, sebuah modul luar angkasa China. Manuver serumit itu pertama kali digelar oleh Amerika Serikat pada era 1960an. Keterampilan itu sangat esensial dalam membangun stasiun luar angkasa permanen seperti ISS.

Wahana yang akan diluncurkan China ke Bulan tahun depan akan mengikuti jejak Chang'e 1 pada 2007 dan Chang'e 2 pada 2010. Keduanya dinamai sesuasi nama dewi bulan dalam mitologi China.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.224 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.260 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    460 respon

Total Respon: 6.944
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft