www.tabloidsinyal.com (© Copyright © Tabloid Sinyal. 2011, All Rights Reserved.)
Updated: Fri, 24 Feb 2012 00:33:33 GMT | By www.tabloidsinyal.com

Tablet Merek Lokal Diminati



Tablet Merek Lokal Diminati

Konsumen kini makin akrab dengan tablet. Ya, kepraktisan dan kelengkapan fitur tablet makin memesona. Apalagi, harganya makin terjangkau. Bahkan kini harganya ada yang di bawah sejuta!

Bicara harga murah, vendor merek lokal jagonya. Ada saja yang dilakukan agar harga tablet menjadi yang termurah di pasaran. Spek yang dipangkas terutama kecepatan prosesor dan memori RAM, karena dua hal itu paling memengaruhi ongkos produksi. Namun, dengan kelengkapan fitur yang setara merek terkenal, tablet merek lokal terlihat bisa bersaing ketat.

Tablet sukses menjembatani mereka yang sudah tergantung dengan kepraktisan dan mobilitas ponsel yang mudah dibawa-bawa, tapi merasa kurang nyaman membawa netbook. Ya, tinggal sentuh sana sentuh sini, semua fitur bisa dinikmati. Apalagi banyak game menarik seperti Angry Birds, dan ribuan lainnya yang bisa diambil gratis dari Android Market.

Tablet merek lokal juga pintar menyiasati persaingan dengan tablet branded. Selain harga lebih murah, mereka juga menawarkan ukuran yang tak biasa seperti layar 8 inch, untuk konsumen yang butuh layar sedikit lebih besar dari ukuran 7 inch yang sudah pasaran. Kelengkapan tablet juga diperhatikan, seperti casing kulit, tambahan keyboard terpisah sehingga bisa dipakai mengetik seperti netbook, juga stylus untuk layar resistif. Ada pula yang menyematkan port USB untuk modem eksternal sehingga modem 3G lama yang dimiliki, masih bisa digunakan untuk internetan di tablet. Memang, konsumen mesti mengalami penurunan kenyamanan akibat lambatnya kinerja tablet, termasuk rendahnya kualitas grafis. Namun, untuk sebuah produk baru berharga murah, itu tidak terlalu masalah.

Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) memperkirakan pasar komputer tablet Indonesia berada di kisaran 400 ribu - 500 ribu unit. Sementara penjualan tablet tahun 2012 ini diperkirakan mencapai 860.000 unit atau dua kali lipat dari dari prediksi penjualan 2011. Hingga akhir 2011, ada 36 merek komputer tablet di Indonesia.

Tablet Merek Lokal Disukai

Lita, pemilik toko ponsel Honey 2 Cellular di Thamrin City mengatakan, tablet merek lokal lebih banyak dicari konsumen. Alasan utama tentu pada harganya yang murah. Jika memiliki dana lebih, baru yang dicari berikutnya adalah Samsung Galaxy Tab.

Yusuf, pemilik tiga toko ponsel di ITC Roxy Mas menyatakan hal senada. Tablet lokal lebih diminati oleh konsumen. “Sekarang kan banyak beredar tablet merek lokal seperti IMO, Advan, DGE. Nexian juga ada tuh yang tipe Genius. Yang nyari banyak karena harganya murah. Contohnya IMO Z3 yang di sini tergolong paling laku,” tambah Yusuf.

Sementara untuk tablet merek terkenal alias branded, yang banyak ditanyakan seperti Samsung Galaxy Tab, terutama Galaxy Tab Plus.

Namun harga yang mahal bisa mengurungkan niat konsumen untuk membelinya. Menggeliatnya penjualan tablet merek lokal ini, juga didorong oleh permintaan dari daerah yang mulai membesar. Wajar saja, harga yang terjangkau yaitu sekitar sejutaan, menjadikan tablet sebagai peranti digital yang diincar setelah ponsel.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.396 respon
  2. 66 %
    Tidak
    6.518 respon
  3.  
    10 %
    Tidak tahu
    937 respon

Total Respon: 9.851
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft