Tribun News Berita Nasional News Feed
Updated: Fri, 26 Jul 2013 02:13:00 GMT | By Tribun News Berita Nasional News Feed

Presidential Threshold Tidak Tepat Digunakan di Indonesia



agfeed

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik Burhanuddin Muhtadi menyebut penerapan Presidential Threshold tidak lazim digunakan di negara yang menganut sistem presidensial, apalagi dengan angka mencapai 20 persen suara dari hasil pemilu legislatif.

"Presidential threshold di negara presidensial itu aneh dan tidak lazim, tidak ada referensinya. Harusnya silakan saja siapapun yang mau daftar, nanti yang menentukan pemilih," ujar Burhan dalam diskusi "UU Pilpres dan Presiden Pilihan Rakyat" di Kantor Prodem, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (25/7/2013).

Lebih lanjut, Direktur eksekutif Lembaga Survey Indonesia (LSI) ini menjelaskan bahwa hal tersebut bisa terjadi karena sejak awal sudah terjadi salah kaprah pada saat penyusunan UU parpol dan Pemilu.

"Ada salah kaprah yang terlanjur dan diulang-ulang. Kita selalu melakukan pembahasan parpol lebih dulu ketimbang pemilu. Saya beberapa kali diundang saat pembahasan, saya selalu ingatkan kalau terus berulang akan terjadi keganjilan yang sama," tuturnya.

Akibat dari pembahasan UU partai politik dilakukan terlebih dahulu dibanding UU Pemilu yang terjadi kemudian adalah, UU yang dibuat menjadi dipaksakan agar bisa sesuai dengan UU Parpol yang telah lebih dahulu dibahas.

Menurut Burhan, seharusnya dan yang berlaku dimana-mana adalah UU pemilu yang dibahas terlebih dahulu, sehingga dari aturan yang dibuat kemudian dipakai sebagai patokan dalam menentukan wajah parpol seperti apa.

"Yang tepat kalau sistem presidensial, kepartaiannya lebih sederhana. Kalau mulitpartai esktrim, pemerintahannya ya parlementer," katanya.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.328 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.323 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    904 respon

Total Respon: 9.555
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

more...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft