Tribun News Politik News Feed
Updated: Fri, 18 Oct 2013 16:44:51 GMT | By Tribun News Politik News Feed

Pengamat: Isu Bunda Putri Upaya Pengalihan Korupsi ke Politik



agfeed

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Karyono Wibowo, Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute (IPI), menilai ada beberapa hal menarik terkait ramainya pemberitaan mengenai Bunda Putri pasca kemarahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pekan lalu.

Karyono memaparkan, berdasarkan analisis media dalam beberapa pekan ini, IPI menyimpulkan akar persoalan yang membuat bias kasus korupsi daging yang mellibatkan mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaq.

Menurutnya lantaran kurang fokusnya penyidik, jaksa penuntut umum, hingga hakim persidangan dalam menangani perkara ini. Akibatnya, justru cenderung melebar ke ranah politis.

Hal ini bermula dari jawaban Ridwan Hakim, Suswono hingga LHI, pada saat hakim mengkofirmasi hasil rekaman pembicaraan yang dimiliki KPK terkait nama Sengman dan Bunda Putri dan Presiden SBY.

"Saya menduga ada upaya pengaburan kasus impor daging sapi ini ditarik ke ranah politis," tegas Karyono dalam keterangan pers yang diterima Tribunnews.com, Jumat (18/10/2013).

Menurutnya, terlepas benar atau tidak keterangan LHI soal kedekatan Bunda Putri dengan Presiden SBY dan orang-orang dekat istana, hal ini dapat mengaburkan kasus impor daging. Upaya ini bisa dilihat dari pergeseran isu yang melebar kemana-mana hingga ke masalah peran Bunda Putri dalam reshufle kabinet. Ini sudah keluar dari konteks persoalan.

"Semestinya, masalah inilah yang harus dipertanyakan pihak Istana, siapa yg menggeser isu ini, bukan malah menanggapinya secara reaktif," kata Karyono.

Sementara itu, aktor seperti Elda Devianni yang juga satu alumni dengan Hatta Rajasa di ITB, justru tidak didalami. Begitu juga kasus Sengman, yang menurut berbagai sumber adalah orang dekat SBY.

Mengenai Bunda Putri, Karyono lebih mengamini beberapa pendapat, bahwa Bunda Putri tidak terkait kasus impor daging. Lebih dari itu, peran Bunda Putri ini lebih sebagai penghubung penguasa, bukan broker atau trader seperti Sengman. Terkait hal ini, Choel Malarangeng kemarin di KPK, membenarkan, bahwa Bunda Putri adalah Adviser Petronas.

Apalagi menurut Karyono, beredarnya foto-foto Bunda Putri semalam berpose dengan kalangan elite, seperti dengan Tuti Iswara Adik Boediono,penyematan PIN kepada Gita Wirjawan, foto dengan Sutiyoso, Presiden direktur Petronas, Agum gumelar dan lain lain, menunjukkan Bunda Putri memiliki koneksi yang luas baik domestik maupun luar negeri.

"Bunda putri ini, berdasar informasi yang saya dapatkan, cucu dari almarhun Ajengan Abdul Ghofur Mutawalli, ulama besar di wilayah Jawa Barat," ujarnya.

Baca Juga:

Djadjang Ganti Dua Asisten

Barito Buka Pintu untuk Pemain Gurem

Naser Al Sebai Dipertahankan Kalau 3+1

Sutarman Jamin Penyerbuan Markas KPK Tak Akan Terulang

Sespri Akil Pernah Transfer Rp 500 Juta Berkali-kali

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    4.951 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.189 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    434 respon

Total Respon: 6.574
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

more...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft