Tribun News Regional News Feed
Updated: Mon, 12 Aug 2013 04:31:14 GMT | By Tribun News Regional News Feed

Penampakan Ular Raksasa di Lokasi Bus Masuk Jurang Banyumas



agfeed

Laporan Wartawan Tribunnews.com Abdul Qodir

TRIBUNNEWS.COM, BANYUMAS - Sejumlah warga setempat memercayai ada peristiwa mistik dibalik insiden kecelakaan maut bus Karya Sari, di tanjakan Krumput, Pageralang, Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (10/8/2013) kemarin.

Salah satunya, sebut saja Mbah Sukarjo. Kakek berusia 90 tahun ini menceritakan, betapa angkernya jalan perbukitan Pageralang sepanjang 6 kilometer itu.

Menurutnya, di sepanjang jalan yang berkelok dengan sejumlah tanjakan dan turunan tersebut, kerap terjadi kecelakaan dan menelan korban jiwa. Termutakhir, kecelakaan Bus Karya Sari yang menelan 15 korban tewas.

"Mulai perempatan lampu merah Buntu sampai Banyumas, termasuk tempat kecelakaan ini sering kecelakaan. Daerah sini memang angker, mas," ucap Mbah Sukarjo saat berbincang dengan Tribunnews.com di lokasi kejadian, Banyumas, Minggu (11/8/2013) petang.

Ia juga meyakini, banyak makhluk gaib yang menjadi penunggu di tanjakan yang menjadi lokasi kecelakaan kali ini. Sebab, hutan dan jurang di tepi jalan tanjakan tersebut menjadi tempat tewasnya ratusan tentara Jepang pada peperangan 1941.

"Nah, penunggunya itu banyak ada di pohon besar Sprih yang tinggi ini. Sebelumnya, kecelakaannya di sini macam-macam, ada truk terguling, motor, yah bus," kata Mbah Sukarjo sembari menunjuk sebuah pohon besar setinggi 30 meter yang berdiri kokoh di lokasi kejadian.

Mbah Sukarjo, yang setiap hari mengais rezeki dengan memungut uang yang dilempar pengguna jalan di tanjakan Krumput itu, mengungkapkan cerita ular raksasa yang menjadi penghuni lain di jalan angker tersebut.

"Dulu saya pernah lihat ular besar sepanjang pohon kelapa di tikungan itu. Saya bilangi dan usir dia, ularnya tiba-tiba hilang, ambles masuk ke dalam jalan," ujarnya.

Meski tahu keangkeran di tempatnya mengais rezeki, pria yang biasa disapa 'mbah' oleh warga setempat itu mengaku tak takut dengan penampakan makhluk gaib tersebut. "Saya sudah lama di sini dan enggak kenapa-kenapa. Orang sini juga tahu siapa saya," tuturnya.

Keangkeran di jalan tanjakan Krumput juga disampaikan warga setempat lainnya, Wanto (41).

"Di sini memang angker jalannya, mas. Dulu di sini ada bus masuk ke jurang juga. Korbannya 17 orang meninggal. Jadi, kalau dari arah Banyumas jalan ini menurun kan, lah saya diceritakan sama orang tua kalau di jalan ini ada ular raksasanya. Jadi, kalau mobil turun lewat sini dan kena kibasan ekor ular itu bisa nambah cepat mobilnya," kata Wanto.

Sabtu (10/8/2013) siang, bus Karya Sari jurusan Purwokerto-Solo-Jogja yang mengangkut 30 penumpang masuk ke jurang sedalam 10 meter di tanjakan Krumput, Banyumas. Sebelum masuk ke jurang, bus tersebut sempat menabrak sebuah sedan sarat penumpang dan dua sepeda motor.

Sebanyak 15 orang tewas dalam kecelakaan nahas tersebut.

Terlepas dari cerita mistik dua warga lokal tersebut, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Banyumas Ajun Komisaris Chalid Mawardi menyatakan, penyebab kecelakaan itu adalah karena rem blong. Itu juga diakui sang sopir yang kini sudah menjadi tersangka.

Selain itu, jalan sepanjang perbukitan di Pageralang banyak tanjakan dan turunan yang berkelok. "Jadi, untuk hasil pemeriksaan sementara, penyebab kecelakaannya karena rem nggak berfungsi, rem blong. Tapi, kami masih lidik, apakah ada faktor penyebab lainnya," kata Chalid.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    358 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    1.458 respon
  3.  
    3 %
    Tidak tahu
    61 respon

Total Respon: 1.877
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

more...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft