Tribun News Berita Nasional News Feed
Updated: Thu, 12 Sep 2013 18:42:50 GMT | By Tribun News Berita Nasional News Feed

Masalah Sosial di Jember Belum Diselesaikan Secara Baik



agfeed

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA--Kapolda Jawa Timur disarankan mengantisipasi dengan baik konflik yang terjadi di Puger Kabupaten Jember. Kejadian, Kapolda diingatkan ini bukanlah yang pertama kali. Apalagi konflik yang terakhir ini, telah memakan korban, satu orang meninggal dunia.

"Bila memang diperlukan Polda Jatim dapat penurunan BKO Brimob ke daerah Puger, karena pada aksi kemarin barikade kawat berduri polisi masih bisa dibobol massa, seharusnya tidak boleh terjadi. Hal ini menunjukkan kurang siapnya antisipasi petugas, sehingga blokade jalan masih bisa ditembus," ujar anggota Komisi III DPR, Aboebakar Alhabsy, Kamis (12/9/2013).

Hingga berita ini diturunkan, enam orang dikabarkan sudah diperiksa di Mapolsek Puger, pascapenyerbuan dan perusakan Ponpes Darussolihin, Desa Puger Kulon Kecamatan Puger, Rabu (11/9/2013) kemarin.

Namun, pemeriksaan tersebut belum diketahui terkait peristiwa perusakan ponpes atau pembacokan seorang warga.

Kapolres Jember Ajun Komisaris Besar Awang Joko Rumitro, belum mau memberikan komentar. "Jangan dulu," ujarnya singkat kepada Surya ketika di lokasi kejadian.

Aboebakar mengingatkan kembali, bukankah sebelumnya aparat sudah memiliki kekhawatiran bila terjadi bentrok massa, maka seharusnya ada tindakan preventif secara baik. Apalagi, katanya, konflik serupa pernah terjadi pada bulan Januari tahun ini dan Agustus tahun kemarin.

"Fakta ini menunjukkan bahwa konflik sosial belum dapat diselesaikan dengan baik. Akibatnya terjadi pengulangan lagi di lain waktu, akhirnya konflik yang demikian dapat menjadi bahaya laten yang dapat meledak sewaktu-waktu ketika ada pemicu. Perlu ada peran aktif dari pemda setempat beserta tokoh masyarakat untuk melakukan rekonsiliasi agar bisa meredam konflik," katanya.

"Disisi lain perlu, kesiagaan polisi dalam mencegah konflik dan melakukan penegakan hukum, agar peristiwa serupa tidak terulang kembali," tegas Aboebakar.

Baca Juga:

Indonesia Beli Peternakan Sapi di Australia

PM Australia Anggap Indonesia Seperti Tentara Bayaran

Guru Besar UI: PM Australia yang Baru Lecehkan Indonesia

Tentara Cantik Australia Berkunjung ke KRI Dewaruci di Fremantle

Melbourne Kota Paling Layak Huni di Dunia

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.301 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.285 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    467 respon

Total Respon: 7.053
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

more...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft