Tribun News Hukum News Feed
Updated: Sun, 13 Oct 2013 17:25:00 GMT | By Tribun News Hukum News Feed

LPSK: Siswi Korban Pencabulan di Gorontalo Perlu Penanganan Khusus



agfeed

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kasus pencabulan terhadap siswi SMU oleh oknum polisi di Gorontalo, menambah daftar panjang kekerasan terhadap anak di bawah umur yang dilakukan oknum aparat penegak hukum.

Bahkan kali ini lebih biadab, lantaran korban dicabuli beberapa kali.

Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Abdul Haris Semendawai menilai, korban dalam kasus ini perlu penanganan khusus.

"Karena korban pasti mengalami trauma berat dan ketakutan, hal ini mengingat pelaku berlatar belakang aparat penegak hukum dan dilakukan lebih dari satu orang" kata Abdul Haris dalam keterangan persnya diterima Tribunnews.com, Minggu (13/10/2013).

Lebih lanjut, Haris mendesak agar proses hukum dalam kasus ini tidak terfokus pada penanganan pelaku saja,tetapi juga memperhatikan aspek korban.

Polri seharusnya tidak hanya menghukum pelaku, tetapi juga memenuhi hak korban dengan memberikan jaminan keamanan terhadap korban dan keluarganya serta memikirkan masa depan korban," ujarnya.

Lebih lanjut, Haris mengatakan, pemulihan terhadap korban adalah prioritas utama yang perlu dilakukan.

Sebab, terang dia, Korban perlu mendapatkan pemulihan medis maupun psikologis atas tindak kejahatan dan trauma yang dialaminya. Hal ini agar korban siap menjadi saksi dalam proses hukum selanjutnya..

Selain itu, Haris berharap ada evaluasi di tubuh polri atas kejadian tersebut. Mengingat, kejahatan asusila yang melibatkan pelaku oknum polri ini bukan kali pertama terjadi di Indonesia,misalnya saja kasus dugaan pemerkosaan terhadap gadis berusia 19 tahun berinisial M yang diduga dilakukan oknum Polres Simeuleu Aceh, kasus dugaan perkosaan terhadap tahanan perempuan di oknum Polres Poso.


"Polri diharapkan bersikap professional dan tidak mengutamakan semangat essprit du corps meski pelaku merupakan anggota Polri. Selain itu, diharapkan Polri membuat aturan dan mekanisme yang lebih ketat dan membuat efek jera terhadap oknum anggota Polri, agar kejadian ini tak berulang," kata Haris.

Untuk itu, Haris meminta dukungan masyarakat terhadap korban. Hal ini sesuai dengan pengalaman beberapa kasus kejahatan susila dimana korban seringkali justru disudutkan oleh masyarakat.

"Dalam kejahatan susila, sebaiknya pandangan korban berperan terhadap terjadinya tindak kejahatan dikesampingkan oleh masyarakat, karena hal tersebut dapat membuat korban menjadi 'korban' untuk kedua kali" imbuhnya.

Edwin Firdaus

Baca Juga:

22.000 Hewan Kurban Jalani Tes Kesehatan

Eks Cabup Tanah Laut Lapor ke KPK: Saya Pernah Ditawari Nyuap Hakim MK

Ratu Atut Berkeringat Usai Diperiksa 9 Jam

Senyum Andi Mallarangeng dan Doa dari Ibunda Tercinta

Andi Mallarangeng: Besok Dipanggil lagi, Saya Siap

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 77 %
    Yakin
    4.406 respon
  2.  
    17 %
    Tidak yakin
    1.006 respon
  3.  
    6 %
    Tidak tahu
    376 respon

Total Respon: 5.788
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

more...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft