Tribun News Metropolitan News Feed
Updated: Wed, 13 Nov 2013 02:03:52 GMT | By Tribun News Metropolitan News Feed

Golkar DKI Segera Pelajari Sengketa Lahan Stadion Taman BMW



agfeed

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemprov DKI diperingatkan oleh warga pemilik lahan di lokasi proyek Stadion Taman BMW agar jangan coba-coba melanjutkan pembangunan stadion sebelum adanya kesepakatan pembebasan lahan.

Saat mendatangi Fraksi Golkar di DPRD DKI, juru bicara pemilik lahan, David Sulaeman, mengatakan pihaknya akan berjuang mati-matian demi mempertahankan hak atas tanah yang dimilikinya.

Pihaknya meminta Pemprov DKI tak menutup mata mengenai adanya warga yang memiliki bukti surat kepemilikan yang sah di lahan seluas 26 hektar itu. Untuk itu, sebelum adanya kesepakatan pembebasan lahan, Pemprov DKI diminta tidak coba-coba melanjutkan pembangunan stadion bertaraf internasional tersebut.

"Bila tetap menggunakan dan menerima lahan tersebut dari pengembang yang merampas hak kami, Pemprov DKI sama saja penadah barang curian," tegas David, Selasa (12/11/2013).

Dalam kesempatan tersebut, warga meminta Fraksi Golkar DPRD DKI untuk membantu menuntaskan proses pembebasan lahan sehingga nantinya status tanah di stadion BMW tidak terus disengketakan. Bukti kepemilikan tanah yang sah juga telah diserahkan keluarga pemilik lahan kepada Fraksi Golkar.

Menurut David, pengaduan ini merupakan kelanjutan proses perjuangan para pemilik lahan setelah pada tahun 2009 silam, mereka dipidana penjara setahun lantaran memperkarakan tanah mereka kepada pengembang. Tak hanya itu, warga juga mengaku mendapat intimidasi.

David juga meminta agar Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tak hanya melakukan pencitraan semata. Tapi turut memperjuangkan hak pemilik lahan di taman BMW.

"Selama ini Jokowi Ahok selalu dicitrakan membela rakyat kecil. Kami juga rakyat kecil yang meminta kejelasan hak milik kami sendiri. Pak Jokowi dan pak Ahok tolong jangan diam saja," ujarnya.

David mengharapkan Jokowi bisa mencermati dokumen penyerahan data fasilitas sosial (Fasos) dan fasilitas umum (Fasum) dari pengembang tersebut. "Sangat jelas di sana terjadi penyimpangan dan pelanggaran atas hak hak kami," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Asraf Ali mengatakan pihaknya berjanji akan menindaklanjuti aduan warga pemilik lahan BMW. Dirinya akan meminta Staf Ahli Bidang Hukum Fraksi Golkar, Aji Bangkit, untuk segera mempelajari kasus sengketa lahan di Taman BMW.

"Kami sudah terima pengaduannya. Nanti pengaduan itu akan dipelajari oleh Staf Ahli Bidang Hukum Fraksi Golkar," jelasnya.

Seperti diketahui, Pemprov DKI berencana membangun stadion sepakbola berskala internasional di Taman BMW, Sunter Agung, Jakarta Utara. Namun proyek pembangunan tersebut ditentang keluarga pemilik lahan yang sah di Taman BMW, lantaran belum tuntasnya proses pembebasan lahan.

Baca Juga:

Hari Ini KPK GeledahTiga Lokasi Terkait Kasus Hambalang

Kuasa Hukum Anas Kecewa KPK Geledah Tidak Bilang Terlebih Dahulu

Adik Adhyaksa Dault Kecipratan Uang Proyek Hambalang

Pengacara Anas: KPK Geledah Hanya Gagah-gagahan

Warga Pekanbaru Keluhkan Isi Tabung Gas 3 Kg tak Penuh

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.396 respon
  2. 66 %
    Tidak
    6.521 respon
  3.  
    10 %
    Tidak tahu
    937 respon

Total Respon: 9.854
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

more...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft