Updated: Sat, 19 Jan 2013 01:54:18 GMT

VIDEO: Longsor di Cianjur, 2 Tewas 4 Luka

Dua orang meninggal dunia akibat tertimpa bangunan rumah yang dihantam longsor dan empat orang lagi mengalami luka-luka.


VIDEO: Longsor di Cianjur, 2 Tewas 4 Luka

Bukan hanya Jakarta saja ternyata yang terendam banjir. Banjir dan cuaca buruk juga mengancam sejumlah daerah di Cianjur Jawa Barat.

Akibatnya, dua orang tewas tertimbun longsoran tanah setelah hujan deras mengguyur kawasan tersebut dalam dua hari terakhir.

Longsor yang terjadi di Cianjur Jawa Barat tersebut menghantam enam rumah di Desa Pakuwon, Sukaresmi pada Jumat (18/1/2013) dini hari. Sumber longsor berasal dari atas bukit yang kontur tanahnya terbillang labil. Setelah diguyur hujan deras dalam dua hari terakhir, material tanah yang labil itu langsung menerjang rumah yang terletak dibawahnya.

Sebagian penghuni yang tertidur lelap tidak sempat menyelamatkan diri. Akibatnya dua orang meninggal dunia akibat tertimpa bangunan rumah yang dihantam longsor dan empat orang lagi mengalami luka-luka. Semua korban yang berasal dari satu keluarga ini langsung dilarikan ke RSUD Cimacan, Kawasan Puncak, Jawa Barat.

Untuk mengantisipasi longsor susulan, Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menghimbau agar warga yang tinggal di sekitar wilayah perbukitan yang tanahnya labil untuk sementara mengungsi.

Tak hanya di Cianjur, di Subang dan Purwakarta pun juga ikut terendam banjir akibat dua suangai meluap. Bahkan jalan raya juga ikut terendam sehingga lalu lintas sekitar wilayah tersebut nyaris lumpuh.

Warga di tiga desa di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang Jawa Barat, dibuat kaget dengan meluapnya sungai Cimalaya. Pasalnya, ketinggian air sudah mencapai satu setengah meter yang berakibat terendamnya ribuan rumah di beberapa desa dan jalan raya.

Untuk warga yang ingin melintas jalan raya yang terendam banjir tersebut juga harus dibantu dengan tali agar tidak hanyut saat melewati jalan tersebut. Karena, pada siang hari ketinggian air belum surut.

Hal tersebut juga yang membuat sebagian warga memilih untuk mengungsi meski ada beberapa warga lebih memilih bertahan dirumahnya. Selain merendam ribuan rumah, ratusan sawah dan tambak budidaya ikan milik warga juga ikut terendam banjir.

Sedangkan di Purwakarta, jalan raya menuju karawang melalui Curug ikut terendam banjir sejak jumat pagi tadi akibat sungan Cilangkap meluap. Ketianggian air sendiri mencapai lutut orang dewasa. Akibat banjir itu, beberapa kendaraan seperti sedan tidak bisa melintas, sedangkan sepedah motor diangkut dengan truk.

Bahkan, warga yang ingin lewat pun terpaksa menunggu ada angkutan yang akan menyeberangkan mereka. Takhanya jalan raya, puluhan rumah dan puluhan hektar tanaman padi juga terendam banjir. Warga sekitar mengatakan banjir tersebut diakibatkan air yang tidak lancar dan terjadi pendangkalan sungai serta tingginya intensitas hujan dalam sepekan terakhir. (Adm/Ary)

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.310 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    5.900 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    312 respon

Total Respon: 7.522
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft