Updated: Sat, 23 Mar 2013 01:57:00 GMT

VIDEO: Konflik Perusahaan Tambang, Warga-Polisi Bentrok

Bentrokan terjadi antara polisi dengan warga Mandailing Natal, Sumut. Bentrok terjadi akibat polisi mengalangi upaya warga menduduki kamp perusahaan tambang emas.


VIDEO: Konflik Perusahaan Tambang, Warga-Polisi Bentrok

Bentrokan terjadi antara polisi dengan warga Mandailing Natal, Sumatera Utara. Bentrok terjadi akibat polisi mengalangi upaya warga menduduki kamp perusahaan tambang emas.

Begitu tiba di Desa Jambur, Mandailing Natal, Sumatera Utara, polisi langsung disambut lemparan batu oleh warga, Jumat (22/3/2013). Kendaraan polisi yang sempat tertahan di jalan raya tak luput dari serangan warga. Akibatnya, beberapa kaca mobil milik polisi pecah. Sejumlah wanita dan ibu-ibu histeris meminta suami dan keluarganya yang ditahan segera dibebaskan.

Polisi pun melancarkan aksi balasan. Polisi menembakkan gas ari mata untuk membubarkan warga. Namun, usaha itu tak berhasil. Warga terus melempari polisi menggunakan batu. Karena tak ada kata sepakat, polisi kemudian menarik mundur pasukan untuk menghindari bentrok yang lebih besar.

Bentrokan ini merupakan buntut dari beredarnya foto puluhan warga yang ditahan di kamp perusahaan Sorik Mas Mining di Perbukitan Naga Juang, Sumatera Utara. Mereka ditahan saat hendak menduduki kamp perusahaan tambang emas itu. Warga meminta semua teman-temannya dibebaskan secepatnya.

Konflik yang terjadi antara Perusahaan Tambang Sorik Mas Mining dangan warga di sejumlah desa di Mandailing Natal sudah berlangsung bertahun-tahun. Warga menuntut perusahaan asal Australia yang mendapat kontrak karya pada 1998 itu angkat kaki dari desa mereka. Perusahaan dituding telah merampas tanah yang sejak dulu digarap warga. (Don/Frd)

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.036 respon
  2. 67 %
    Tidak
    5.508 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    769 respon

Total Respon: 8.313
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft