Updated: Tue, 18 Sep 2012 09:55:00 GMT

Video Detik-detik Kematian Dubes AS Beredar

Tewasnya Duta Besar Amerika Serikat di Kedubes Libia, Chris Stevens, ternyata bukan karena diroket para demonstran, melainkan karena sesak napas.


Video Detik-detik Kematian Dubes AS Beredar

Liputan6.com, Benghazi: Tewasnya salah satu Duta Besar Amerika Serikat di Kedubes Libia, Chris Stevens, pada Selasa (11/9) pekan lalu, ternyata bukan karena diroket para demonstran, melainkan karena sesak napas akibat banyaknya asap di sebuah ruang kedubes AS.

Hal tersebut terlihat dari sebuah video yang direkam seorang warga Libia, Fahd al-Bakoush. Kini, video tersebut beredar di Youtube. Ketika itu, al-Bakoush menemukan orang asing di suatu kamar gelap dengan pintu tertutup. "Aku pikir dia sudah mati, ternyata masih bernafas, namun seperti orang kolaps," kata al-Bakoush.
"Saat itu, beberapa orang teriak `bawa dia keluar... bawa dia keluar`," tambahnya.

Kemudian, sekelompok orang mencoba menyelamatkan dan membawa keluar korban yang ternyata adalah Chris Stevens. Namun sayang, tidak ada ambulans atau petugaspenyelamat di sekitar Dubes. Akhirnya, dubes tersebut dilarikan ke rumah sakit menggunakan mobil pribadi.
"Tidak ada ambulans di sekitar. Tidak ada pertolongan pertama untuknya. Mereka membawanya ke mobil," ungkap al-Bakoush, seperti dilansir Associated Press,Selasa (18/9).

Senada dengan pernyatan al-Bakoush, seorang mahasiwa sekaligus fotografer, Ahmed Shams mengaku bersyukur ketika menemukan Steven masih hidup. Namun, dia menyayangkan tidak adanya ambulans, ataupun petugas pemadam kebakaran. "Tidak ada petugas yang dapat menyelamatkannya saat itu," katanya.

Sesampainya di rumah sakit setempat, Steven langsung dievakuasi dan ditangani Dokter Dr. Ziad Abu Zeid. Sang dokter mengaku telah mencoba untuk menyelamatkan Steven yang tengah menderita asphyxia akibat kabut asap, namun gagal. Steven menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kantor Kedubes AS di Benghazi, Libia diserang para demonstran yang memprotes film Innocence of Muslims. Akibatnya, Duta Besar AS untuk Libia Christopher Stevens dan tiga warga AS lainnya tewas. (YUS)

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    1.928 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.135 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    717 respon

Total Respon: 7.780
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft