Updated: Tue, 08 Jan 2013 14:04:10 GMT

Taufiq Kiemas: Rakyat Pasti Senang dengan 10 Partai

Ketua MPR Taufiq Kiemas meyakini rakyat akan senang dengan mengecilnya jumlah parpol yang ikut dalam Pemilu 2014.


Taufiq Kiemas: Rakyat Pasti Senang dengan 10 Partai

Rapat pleno verifikasi faktual yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) meloloskan 10 partai politik, yang terdiri dari 9 partai parlemen dan 1 partai baru, untuk berlaga di Pemilu 2014. Mengecilnya jumlah parpol peserta pemilu ini mendapat tanggapan beragam.

"Kalau menurut saya, rakyat pasti senang dengan 10 partai. Apalagi sudah banyak parpol yang ke tengah (moderat), sehingga rakyat lebih enak memilih," kata Ketua MPR, Taufiq Kiemas, saat ditemui di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (8/1/2013).

Sedangkan bagi parpol yang tidak lolos verifikasi faktual KPU, Taufiq menilai putusan KPU bukanlah harga mati. Yang penting, apa yang sudah diputuskan KPU seusai dengan undang-undang.

"Kalau tidak setuju kan dikasih peluang oleh KPU (mengajukan keberatan ke Bawaslu). Buat saya, agar semua pihak bisa puas memang harus begitu," ujar politisi PDI Perjuangan ini.

Terlepas dari ketidakpuasan yang dirasakan sejumlah parpol, Taufiq menilai kinerja KPU periode sekarang sudah bagus. "Mereka yang di KPU itu bukan tokoh, jadi tidak setiap hari mau diwawancarai. Saya juga melihat mereka lebih tegas," jelas Taufiq.

Lantas, dengan kepastian lolos untuk bertarung di Pemilu 2014, apakah PDIP siap merebut kemenangan di legislatif serta kursi kepresidenan? "Kalau itu terserah rakyat," pungkasnya.(Ado)

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.301 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.236 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    890 respon

Total Respon: 9.427
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft