Updated: Tue, 28 Aug 2012 07:07:01 GMT

Suasana Silaturahmi yang Dinodai Kekerasan

Bara api memakan korban harta dan nyawa di Sampang, Madura. Ironisnya, semua dilakukan atas nama agama. Perayaan lebaran yang seharusnya dengan tali kasih silaturahmi dicederai aksi anarkis ratusan orang pengikut Sunni yang mengamuk dan membakar puluhan rumah pengikut Syiah.


Suasana Silaturahmi yang Dinodai Kekerasan

Liputan6.com, Sampang: Bara api memakan korban harta dan nyawa di Sampang, Madura. Ironisnya, semua dilakukan atas nama agama. Perayaan lebaran yang seharusnya dengan tali kasih silaturahmi dicederai aksi anarkis ratusan orang pengikut Sunni yang mengamuk dan membakar puluhan rumah pengikut Syiah.

Peristiwa ini mendapat kecaman dari kalangan parlemen. Ketua DPR Marzuki Alie menyatakan, "Pasti ada sesuatu yang salah dalam sosialisasi terkait masalahSyiah."

Sementara, Wakil Ketua DPR Pramono Anung mengatakan, "Selalu, peristiwa semacam ini terjadi ketika negara tidak hadir. Ada kekuatan mayoritas yang merasa berhak menindas minoritas."

Tidak mau kecolongan lagi, kini polisi terus melakukan patroli di pemukiman warga. Sebab, beredar kabar tentang rencana penyerangan kembali ke perkampungan Syiah.

Konflik yang sudah lama terjadi dan lambatnya aparat keamanan dalam mengantisipasi kerusuhan di Sampang disesalkan banyak pihak. Bahkan Setara Institut menyatakan peristiwa Sampang sebagai peristiwa yang sistematis. Peneliti Setara Institut Ismail Hasan menyatakan, "Pertama, ada prakondisi sebelum penyerangan. Kedua, ada aktor perencana dan aktor pelaksana."

Sampai saat ini aparat keamanan di Sampang telah ditambah menjadi tiga satuan setingkat kompi. Tapi tentu saja langkah pencegahan penting karena akar masalahnya sudah diketahui dan upaya dialog harus terus dijalankan agar agama benar-benar menjadi bahasa kasih, bukan bahasa kekerasan. (YUS)

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    1.917 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.106 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    714 respon

Total Respon: 7.737
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft