Updated: Sun, 20 May 2012 20:45:55 GMT

Sepatu Dahlan, Novel Tentang Dahlan Iskan

"Novel ini bukanlah biografis karena unsur fiksinya kuat. Latar tempat dan waktunya nyata. Tapi ada cerita yang difiksikan. Yang pasti, novel ini sangat menginspirasi."


Sepatu Dahlan, Novel Tentang Dahlan Iskan

Liputan6.com, Surabaya: Sebuah novel berjudul "Sepatu Dahlan" yang mengisahkan tentang masa kecil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan diluncurkan di Surabaya, Jawa Timur, Ahad (20/5). Peluncuran buku bersamaan dengan program bebas kendaraan bermotor di Jalan Raya Darmo.

Selain Dahlan Iskan, hadir juga Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, penulis Khrisna Pabichara, serta perwakilan dari penerbit Noura Books. Ratusan warga turut menyaksikan peluncuran novel yang tebalnya 392 halaman tersebut.

"Novel ini bukanlah biografis karena unsur fiksinya kuat. Latar tempat dan waktunya nyata. Tapi ada cerita yang difiksikan. Yang pasti, novel ini sangat menginspirasi," ujar Khrisna Pabichara.

Ia mengaku mulai berpikir dan menulis sejak pertengahan Januari 2012. Proses penggarapannya mulai dari diskusi di tingkat tim kreatif hingga meminta izin kepada Dahlan Iskan.

"Sosok Pak Dahlan Iskan yang menarik dan menginspiratif membuat saya sangat ingin menulisnya. Saya sempat berbincang dan membicarakan rencana ini, syukurlah beliau bersedia," kata dia.

Selain wawancara langsung dengan Dahlan, Khrisna juga sering konsultasi melalui telepon dan pesan singkat. Tidak hanya itu, ia bahkan ikut merasakan bagaimana rasanya Dahlan Iskan jalan kaki dari rumah menuju sekolah.

"Bedanya, dulu Pak Dahlan tidak pakai sepatu atau hanya beralaskan kaki, tapi saya tidak. Sehingga saya bisa membayangkan bagaimana rasanya. Saya juga wawancara dengan teman maupun keluarga Pak Dahlan," tuturnya.

Sementara itu, Dahlan Iskan mengaku belum membaca novel tersebut. Ia belum siap membacanya sehingga belum mengerti apakah yang ditulis sesuai kenyataan sebenarnya atau tidak.

"Terima kasih kepada semua pihak karena telah menulis novel ini. Tapi saya belum membacanya, nanti kalau sudah baru saya tahu. Tapi yang pasti, semoga ini bisa menginspirasi semua," kata Dahlan.

Di sela-sela peluncuran, ratusan buku ludes terjual dibeli masyarakat. Semua novel yang dibeli ketika peluncuran mendapatkan tanda tangan langsung dari Dahlan Iskan dan Khrisna Pabichara. Dahlan yang datang tanpa pengawalan maupun protokoler ketat itu bersedia diminta foto bersama dengan setiap orang yang mengajaknya berfoto.(ANT/JUM)

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    20 %
    Setuju
    276 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    1.094 respon
  3.  
    3 %
    Tidak tahu
    43 respon

Total Respon: 1.413
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft