Updated: Wed, 06 Mar 2013 17:51:24 GMT

PLN Tunjuk Rekadaya Elektrika Bangun PLTU Timika

PLN telah menunjuk PT Rekadaya Elektrika untuk menggarap kontruksi PLTU Timika, Papua, dengan kapasitas 4x7 MW. Pembangkit itu ditargetkan mulai beroperasi pada akhir 2014.


PLN Tunjuk Rekadaya Elektrika Bangun PLTU Timika

PT PLN (Persero) telah menunjuk PT Rekadaya Elektrika untuk menggarap kontruksi pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Timika, Papua, dengan kapasitas 4x7 megawatt (MW). Pembangkit tersebut ditargetkan bisa mulai beroperasi pada akhir 2014.

“Kami berharap agar setelah penandatanganan kontrak ini, PT Rekadaya Elektrika dapat segera melanjutkan proses pembangunan PLTU Timika dan dapat menyelesaikannya dalam 19 bulan," ungkap Direktur Utama PLN, Nur Pamudji dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/3/2013).

Nur Pamudji menjelaskan pembangunan pembangkit ini diakukan untuk menjamin tersedianya pasokan listrik yang cukup dan siap dalam mendukung kegiatan perekonomian masyarakat di Mimika dan sekitarnya.

"Kehadiran PLTU Timika sebagai pembangkit listrik non minyak juga untuk memperbaiki bauran energi dan efisiensi biaya produksi listrik," ungkap Nur Pamudji.

Nur Pamudji menyebut proyek PLTU Timika merupakan PLTU Merah Putih, karena selain dikerjakan oleh putera-puteri terbaik bangsa Indonesia, juga karena PLTU Timika untuk material utama yang digunakan untuk membangun PLTU ini banyak memanfaatkan produk-produk yang diproduksi di dalam negeri, seperti turbin dan boiler dan peralatan pendukung lainnya.

Untuk material turbin yang digunakan di PLTU Timika diproduksi oleh PT Siemens Industrial Power yang berlokasi di Bandung.

“PLN telah mensyaratkan bahwa dalam setiap kegiatan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan mulai dari pembangkit, transmisi hingga distribusi semaksimal mungkin harus memanfaatkan produksi dalam negeri yang tingkat kandungan komponen lokalnya tinggi,” ungkap dia.

Sementara itu, Manajer PLN Timika Samuel Farwas menuturkan pembangunan PLTU Timika ini sangat dinantikan oleh seluruh masyarakt yang ada di Kabupaten Mimika.
"Pemerintah daerah dan masyarakat di Kabupaten Mimika mendukung PLN dalam mewujudkan PLTU Timika” jelas Samuel.

Saat ini kebutuhan listrik untuk melayani sekitar 22 ribu pelanggan di Kota Timika dan sekitarnya mencapai hampir 20 MW. (Ndw)

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.764 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.118 respon
  3.  
    6 %
    Tidak tahu
    409 respon

Total Respon: 6.291
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft