Updated: Sun, 27 May 2012 07:40:00 GMT

Perangkap Mobil Bodong

Jangan mudah tergiur dengan penawaran mobil yang wah dan harga murah. Salah-salah Anda bisa ikut terbawa dalam sindikat penjualan mobil bodong.


Perangkap Mobil Bodong

Liputan6.com, Jakarta: Anda pasti pernah mendengar ada penjualan kendaraan bermotor khususnya mobil tak sesuai harga pasaran. Mobil bekas masih terbilang keluaran terbaru dilego dengan harga super murah. Ajaib memang. Mulai saat ini Anda harus ekstra hati-hati dalam membeli mobil.

Periksakan terlebih dahulu surat-surat kelengkapan dan fisik mobil di kantor Samsat. Jangan mudah tergiur dengan penawaran mobil yang wah dan harga yang sangat murah. Salah-salah Anda bisa ikut berurusan dengan hukum karena terbawa dalam sindikat penjualan mobil bodong.

Sindikat penjualan mobil bodong salah satunya terdapat di daerah Jawa. Pelaku layaknya penjual kendaraan yang bertanggung jawab. Ia sangat lihai meyakinkan barang yang dijualnya. Ia menawarkan mobil Inova cukup anyar cuma Rp 70 juta. Cukup murah untuk mobil Inova yang baru.

Pelaku lain menawarkan mobil dengan harga murah. Namun anehnya nomor polisi yang tertera bukan dari daerah setempat. Dengan blak-blakan si penjual berani sesumbar soal darimana asal mobil tersebut. Ketika disinggung soal fisik dan surat mobil itu, lagi-lagi muncul kejanggalan.

Keterangan serupa seperti sebelumnya, kelengkapan surat hanya STNK dan janji tak jelas soal mampu perpanjang STNK. Lalu tanpa sengaja, tiba tiba saja bukti baru ditemukan. Sebuah plat nomor cadangan ada di kolong kursi. Dugaan menguat banyak yang tak beres dalam transaksi jual beli mobil ini.

Tim Sigi berupaya menggali info lebih dalam tentang kelompok penjual mobil ini. Berikutnya menyambangi tempat pelaku. Karena permintaan belum terpenuhi, si penjual menawarkan mobil lainnya. Kali ini sedan sporty keluaran tahun 2009. Harganya benar-benar dibanting.

Transaksi kembali kami gagalkan secara sengaja. Alasan tidak cocok harga. Penyelidikan masih diteruskan demi membuktikan fakta-fakta mengarah pada pelanggaran hukum. Upaya masuk ke sarang para penjual mobil gelap ini berhasil setelah mereka mengundang tim Sigi.

Sebuah mobil minibus yang belum sampai setahun pemakaiannya alias cukup baru siap dilego. Dan ini adalah kali kedua ditemukan plat nomor cadangan berbeda. Melihat kami seperti ragu-ragu, si penjual menjamin keamanan mobil itu dengan penjelasan sangat aneh dan menyerempet pelanggaran.

Tolakan demi tolakan atas tawaran mobil mulai membuat mereka curiga. Tim akhirnya meninggalkan kota itu. Dengan bermodal fakta yang diperoleh di lapangan, pengecekan data mobil-mobil itu segera dilakukan. Instansi terkait pengecekan kendaraan disambangi.

Ternyata dari dua tempat instansi di lokasi berbeda yang dikunjungi, teknologi online data belum memadai. Bisa jadi, ini menjadi kelemahan bagi pihak berwajib namun menjadi celah yang menguntungkan bagi para pebisnis mobil gelap. Cross check juga dilakukan demi keseimbangan penelusuran kasus ini.

Mobil-mobil keluaran terbaru baik bekas ataupun anyar biasanya sudah terdaftar di perusahaan asuransi bertujuan memberikan jaminan keamanan pemilik kendaraan. Pertanyaannya apakah asuransi termasuk pihak yang dirugikan? Salah satu pegawai leasing mengakui ada permainan nakal di lingkungan mereka.

Di akhir penelusuran, tim Sigi menemui penjual mobil gelap kelas yang masih terkait dengan kelompok penjual mobil di salah satu kota di Jawa. Bisnis ini telah dijalankannya selama belasan tahun. Pelanggannya kalangan atas karena yang dijual mobil mewah dengan harga tak masuk diakal.(JUM)

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.082 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.220 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    448 respon

Total Respon: 6.750
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft