Updated: Sun, 08 Jul 2012 05:55:27 GMT

Penghitungan Suara Diminta Digelar Ulang

Ribuan orang pendukung calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Nagan Raya Asib Amin dan Djasmi Has menuntut penghitungan suara ulang.


Penghitungan Suara Diminta Digelar Ulang

Liputan6.com, Nagan Raya: Ribuan orang pendukung calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Nagan Raya, Nanggroe Aceh Darussalam hingga Sabtu (7/7) sore, masih bertahan di kantor Komisi Independen Pemilihan atau KIP. Massa pendukung duet Asib Amin dan Djasmi Has menuntut penghitungan suara ulang karena menilai ada kecurangan dari salah satu pesaing mereka.

Dari hasil penghitungan suara pasangan nomor urut 4 yakni HT Zulkarnaini dan HM Jamin Idham mengumpulkan 43.640 suara atau sekitar 51,19 persen. Jumlah mereka unggul tipis sekitar tiga persen dari pasangan nomor urut 2 yakni H Asib Amin dan Djasmi Has yang mengantongi 41.608 atau sekitar 48,81 persen suara.

Dalam aksinya demonstran yang dikawal ketat polisi rencananya bertahan di kantor KIP Nagan Raya hingga tuntutan dikabulkan.

Sementara usai ratusan orang menduduki kantor KIP Kabupaten Aceh Barat, digelar pemungutan suara ulang di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Pasi Jambu, Kecamatan Kawai Enam Belas. Pemungutan suara ulang dilakukan karena Panitia Pengawas Pemilu atau Panwaslu menemukan adanya suara ganda di dua tps itu.

Kemarin ribuan orang pasangan Ramli MS-Mohariadi mendatangi kantor panwaslu dan kantor KIP Aceh Barat. Pengunjuk rasa menduga terjadi pelanggaran mulai tinta palsu, pencoblosan ganda, hingga surat undangan pemilih palsu. Namun pengaduan yang dikirim ke pengawas pemilu tidak digubris.

Saat itu pengunjuk rasa menduduki kantor KIP Aceh Barat meminta hasil pilkada putaran dua dibatalkan. KIP Aceh Barat akhirnya memutuskan mengadakan pemungutan suara ulang dengan pemilih terdaftar sebanyak 529 suara.(AIS)

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    758 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    3.165 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    171 respon

Total Respon: 4.094
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft