Updated: Tue, 04 Sep 2012 14:42:00 GMT

Pelaku Teror Solo Berlatih di Gunung Merbabu

Para tersangka teroris yang melakukan aksi teror di Solo, Jawa Tengah beberapa waktu belakangan ini ternyata telah melakukan latihan teror.


Pelaku Teror Solo Berlatih di Gunung Merbabu

Liputan6.com, Jakarta: Para tersangka teroris yang melakukan aksi teror di Solo, Jawa Tengah beberapa waktu belakangan ini ternyata telah melakukan latihan teror.

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Boy Rafli Amar, sebelum menjalankan aksinya para pelaku menggelar latihan teror di wilayah Gunung Merbabu Boyolali, Jawa Tengah. "Mereka juga telah merencanakan dengan melakukan pelatihan-pelatihan. Ini terungkap dari proses pemeriksaan terutama pengembangan dari tersangka yang masih hidup. Pelatihan dilakukan di Merbabu," ujarnya di Jakarta, Selasa (4/9).

Boy menjelaskan, para pelaku teror tersebut telah mempersiapkan aksinya dengan sangat baik dan terencana . Untuk itu mereka terlebih dulu menggelar latihan teror. "Itu tempat mereka mempersiapkan diri untuk melakukan aksi ini. Ini semua tergambar dari hasil pemeriksaan," katanya.

Lebih jauh, lanjut Boy, para pelaku teror memilih Kota Solo, dalam melakukan aksinya lantaran sudah mengenal dengan baik kondisi di lapangan. Polisi menduga, dua terduga teroris yang tewas ditembak dalam penyergapan pada 31 Agustus lalu pernah mengenyam pendidikan di pondok pesantren Ngruki Solo.

"Dari sepengetahuan kita yang satu lulusan Tsanawiah tahun 2007, yang satu tahun 2010. Itu kita akan kroscek lebih lanjut kepastiannya. Karenanya Solo lebih akrab dengan mereka. Cara hit and run memerlukan penguasaan lapangan. Itu yang kita lihat.," jelas Boy. (ARI)

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.649 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.087 respon
  3.  
    6 %
    Tidak tahu
    399 respon

Total Respon: 6.135
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft