Updated: Wed, 05 Sep 2012 19:17:00 GMT

Nuklir Iran Beroperasi Desember

Iran akan segera mengoperasikan nuklir dalam waktu dekat, meski mendapat kecaman dari beberapa negara Barat. Rencananya, reaktor nuklir Bushehr bisa segera dijalankan Desember mendatang.


Nuklir Iran Beroperasi Desember

Liputan6.com, Teheran: Meski di tengah kontroversi dan dicekal negara-negara Barat, Iran tetap melanjutkan ambisi nuklirnya. Menurut rencana, Iran segera mengoperasikan nuklir pada Desember mendatang.

Media ZeeNews mewartakan, Rabu (5/9), Iran bisa mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Bushehr, Iran, setelah Rusia secara resmi menyerahkan reaktor nuklir itu kepada Teheran. Reaktor nuklir ini diyakini bisa memenuhi pasokan listrik bagi seluruh warga Iran.

"Kami percaya bahwa reaktor tersebut akan ditransfer ke Iran dalam minggu terakhir bulan Desember," kata Igor Mezenin, kontraktor Rusia Atomstroyexport untuk proyek nuklir Iran.

Pembangunan Bushehr dimulai pada 1970-an tetapi mengalami penundaan. Rusia menandatangani kesepakatan miliar dolar dengan Iran untuk menyelesaikan pabrik pada 1998 silam.

Sebelumnya, PLTN pertamanya berlokasi di kota selatan Bushehr berhasil dijalankan mseki dalam skala kecil. PLTN itu akan mengirim output listrik yang masih rendah [baca: Iran Resmi Operasikan PLTN Pertama].(AIS)

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.352 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.129 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    319 respon

Total Respon: 7.800
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft