Updated: Sat, 02 Jun 2012 02:47:39 GMT

NU: Pancasila Sebagai Sumber Hukum Tertinggi

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Agil Siradj mengatakan segala bentuk hukum dan perundang-undangan di Indonesia baik UUD 1945 dan UU lainnya mesti merujuk pada Pancasila.


NU: Pancasila Sebagai Sumber Hukum Tertinggi

Liputan6.com, Jakarta: Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Agil Siradj menyatakan sesuai dengan Munas PBNU Situbondo pada tahun 1983, Pancasila adalah kristalisasi dari nilai-nilai akidah, syariah, dan akhlak Islam Ahlusunnah Wal Jamaah. Untuk itu, kata Aqil, mengamalkan butir-butir Pancasila jadi bagian dari pengamalan itu.

"Suatu keputusan monumental yang meneguhkan Pancasila sebagai ideologi negara dan falsafah bangsa Indonesia," tandas Said Agil di MPR, Jakarta, Jumat (1/6). Said Aqil menyebutkan Pancasila sangat penting karena telah ditetapkan secara bersama oleh pendiri bangsa yang mewakili berbagai kelompok masyarakat, agama, golongan sebagai dasar negara.

Lebih jauh Said Agil mengatakan siapa saja dan organisasi yang terang-terangan bertentangan apalagi melawan Pancasila mesti ditetapkan sebagai organisasi kriminal. "Bahkan subversif," tegasnya. Menurut Said Aqil segala bentuk hukum dan perundang-undangan di Indonesia baik UUD 1945 dan UU lainnya mesti merujuk pada Pancasila.(ALI/JUM)

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    801 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    3.415 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    176 respon

Total Respon: 4.392
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft