Updated: Thu, 24 May 2012 20:55:00 GMT

Megawati: Kepemimpinan Bangsa Berjalan Tanpa Arah

Mantan Presiden Megawati Sukarnoputri menilai kepemimpinan pemerintahan saat ini berjalan tanpa arah, bahkan tidak efektif. Seharusnya, pemimpin bangsa adalah seseorang yang visioner dan inspiratif seperti halnya yang dilakukan Presiden Soekarno, sang proklamator.


Megawati: Kepemimpinan Bangsa Berjalan Tanpa Arah

Liputan6.com, Jakarta: Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri menilai kepemimpinan pemerintahan saat ini berjalan tanpa arah, bahkan tidak efektif. Karena itu, 14 tahun pascareformasi 1998 lalu bangsa Indonesia masih merasakan kegelisahan atas kehidupan yang layak.

"Kepemimpinan bangsa saat ini berjalan tanpa arah dan kurang efektif, seharusnya pemimpin adalah visioner dan inspiratif," kata Megawati dalam acara Seminar Nasional Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia di Hotel Grand Melia, Jakarta, Kamis (24/5).

Megawati yang juga Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menambahkan, kepemimpinan bangsa Indonesia seharusnya belajar dari prinsip peri kemanusiaan atau internasionalisme sebagaimana disampaikan sang proklamator Soekarno dalam pidato kelahiran Pancasila 1 Juni 1945 silam.

Dengan begitu, maka Indonesia dapat menangkap spirit kemerdekaan bagi persaudaraan dunia. Atas dasar itu, Mega mengingatkan, hanya dalam waktu tujuh tahun setelah agresi militer Belanda II, kepemimpinan visioner Indonesia mampu memimpin dalam penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika.

Beberapa negara di Asia Afrika pun bisa merdeka karena semangat dasa sila Bandung. Kepemimpinan Indonesia kala itu juga mendorong lahirnya gerakan Negara Non-Blok.

"Di situlah kita berani menyampaikan prinsip sebagai bangsa berdaulat dan tidak masuk dalam salah satu blok yang saling bersaing, baik Blok Barat Liberal Kapitalis, maupun Blok Timur yang komunis. Kepemimpinan visioner tak hanya berhenti di situ, Bung Karno juga melakukan banyak cara untuk melakukan kepemimpinan efektif demi menyejahterakan bangsa dan akhirnya memberikan arah dan inspirasi bagi kita semua," ujarnya.(ADI/ANS)

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.416 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.468 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    343 respon

Total Respon: 8.227
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft