Liputan
Updated: Fri, 02 Aug 2013 14:07:00 GMT

MasukBusway.com, Galeri Foto untuk Para Pelanggar Jalur Busway

Dengan tema "Smile, You`re on MasukBusway!", situs ini seperti ingin memamerkan sejumlah pelaku pelanggaran lalu lintas.


MasukBusway.com, Galeri Foto untuk Para Pelanggar Jalur Busway

Liputan6.com, Jakarta : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedianya menghadirkan bus Transjakarta sebagai moda transportasi utama di jalan raya yang bisa mengatasi solusi kemacetan di ibukota. Karena itu Transjakarta dibuat dengan jalur khusus, yang dikenal dengan sebutan jalur busway.

Tapi saat ini banyak pengemudi di Jakarta yang masuk ke jalur busway seenaknya sendiri. Ini berlaku untuk pengemudi kendaraan roda empat juga kendaraan roda dua. Bahkan iring-iringan pejabat sekelas menteri yang masuk jalur busway seenaknya sendiri pun menjadi cerita yang dianggap biasa di Jakarta.

Beberapa waktu lalu, kejadian menarik sempat terekam saat pengemudi Honda Jazz dengan nomor polisi B 1011 UKF memaksa masuk jalur busway. Pengemudi yang diketahui bernama Febri Suhartoni itu mengaku sebagai anak jenderal, bahkan hingga mengeluarkan kartu nama Kapolri Jenderal Timur Pradopo untuk mengancam petugas Transjakarta.

Tapi akun Twitter milik Transjakarta mengunggah foto Honda Jazz milik Febri. Sontak hal yang diunggah akun @BLUTransjakarta ini pun jadi pembicaraan ramai di media sosial, hingga jadi pemberitaan. Febri pun diperiksa petugas kepolisian, Surat Izin Mengemudi miliknya ditahan kemudian diberikan surat tilang. Febri sukses dipermalukan.

Pemanfaatan media sosial oleh Badan Layanan Umum Transjakarta memang terbilang efektif. Seringkali cara terbaik untuk menghukum orang yang merugikan orang banyak adalah dengan `mempermalukan` secara halus di media sosial.

Dengan ide yang sama, maka kemudian hadir situs MasukBusway.com. Dengan tema "Smile, You`re on MasukBusway!", situs ini seperti ingin memamerkan sejumlah pelaku pelanggaran lalu lintas yang menerobos jalur busway.

"Ga mau masuk sini? Jangan terobos jalur busway ;)" seolah menjadi pesan penting yang ingin disampaikan situs ini.

Di situs berbasis layanan blog Tumblr itu pun terlihat sejumlah foto mobil dan motor yang masuk ke jalur busway, lengkap dengan nomor polisinya. Tak hanya kendaraan umum, bahkan kendaraan dengan plat militer pun ikut `dipermalukan` dengan menampilkannya situs ini.

Pengunjung pun bisa mengirim foto yang memperlihatkan pelanggaran itu. Situs ini harus diapresiasi, sebab bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi kemacetan. Jika jalur busway tertib, tentu diharapkan tentu arus perjalanan dengan menggunakan Transjakarta akan lancar.

Jika Transjakarta sukses menjadi sarana transportasi umum yang memadai, tentu pemilik kendaraan pribadi akan beralih naik Transjakarta. Kemacetan pun diharapkan akan berkurang. Semoga.

Dua jempol untuk MasukBusway.com! (gal)


poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.301 respon
  2.  
    17 %
    Tidak yakin
    971 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    367 respon

Total Respon: 5.639
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft