Updated: Sun, 14 Jul 2013 08:25:00 GMT

Lapas Tanjung Gusta Jadi Lokasi Ngabuburit

Kerusuhan di Lapas Tanjung Gusta pada Kamis 11 Juli lalu menjadi perhatian warga sekitar.


Lapas Tanjung Gusta Jadi Lokasi Ngabuburit

Liputan6.com, Medan : Kerusuhan besar yang melanda Lapas Tanjung Gusta pada Kamis 11 Juli lalu menjadi perhatian semua pihak. Kawasan Jalan Lembaga pemasyarakatan Kompleks LP dan Rutan Tanjung Gusta itu kini masih dijaga ketat aparat gabungan TNI dan polri.

Bagi sejumlah warga, puing-puing bangunan, penjagaan, serta posko yang didirikan menjadi obyek menarik untuk ngabuburit sambil menunggu berbuka puasa. Terlebih sejumlah media asing menempatkan wartawannya di lokasi tersebut.

"Lihatnya cuma dari televisi, jadi pengen lihat secara langsung gimana kejadiannya sambil nunggu berbuka puasa," kata warga, Reza, kepada Liputan 6 SCTV di lokasi, Sabtu (13/7/2013) petang.

Kebanyakan warga ingin mengetahui lebih banyak penyebab maupun kronologi di balik kejadian nahas tersebut. Sebagian juga masih menyimpan rasa tak percaya akan tindakan sporadis narapidana yang dijaga petugas lapas dan sipir itu.

Ramainya warga yang beradatangan sekedar melihat kondisi di Tanjung Gusta mengakibatkan kemacetan di Jalan Lembaga Pemasyarakatan terutama dalam 3 hari terakhir. Padahal sebelumnya kawasan ini merupakan jalan setapak yang hanya dilalui satu dua kendaraan.

Kerusuhan yang menewaskan 5 orang di LP Tanjung Gusta itu terjadi karena sejumlah sebab. Antara lain matinya pasokan air dan listrik, serta tuntutan penghapusan pengetatan remisi.

Napi yang mengamuk kemudian melakukan pembakaran. Sebanyak 212 narapidana, 9 di antaranya terpidana kasus teroris, kaabur saat kerusuhan itu. Dari jumlah itu, sebanyak 97 narapidana sudah ditangkap kembali. (Ali)

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    4.922 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.179 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    434 respon

Total Respon: 6.535
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft