Updated: Fri, 08 Jun 2012 01:36:00 GMT

Kasus Koperasi Langit Biru Ditangani Mabes Polri

Polda Metro Jaya melimpahkan penyelidikan kasus penipuan bermodus investasi yang dilakukan Koperasi Langit Biru ke Bareskrim Mabes Polri.


Kasus Koperasi Langit Biru Ditangani Mabes Polri

Liputan6.com, Jakarta: Polda Metro Jaya melimpahkan penyelidikan kasus penipuan bermodus investasi yang dilakukan Koperasi Langit Biru ke Bareskrim Mabes Polri. "Sudah dilimpahkan ke Bareskrim, sejak kemarin siang," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto di Jakarta, Kamis (7/6).

Menurut Rikwanto pelimpahan proses penyelidikan dilakukan karena 75 persen nasabah ada di luar wilayah hukum Polda Metro Jaya. Meski begitu, penyidik Bareskrim juga akan dibantu Polres Tangerang dan Polsek Cisoka. "Nasabahnya ada yang di Lampung dan Jawa Barat. 75 persen nasabah ada di luar wilayah DKI," katanya.

KLB diduga melakukan penipuan kepada nasabahnya dengan program investasi. Ada dua jenis peket investasi yang ditawarkan KLB yakni investasi paket kecil dengan nilai Rp 385.000 dan investasi paket besar dengan nilai Rp 9,2 juta.

Profit yang didapat pada investasi paket kecil yang ditawarkan KLB adalah Rp 10 ribu per hari. Angka itu akan dibagi kepada perusahaan Rp 9.000, sementara investor Rp 1.000. Dengan demikian, dalam satu bulan, investor mendapat profit sebesar Rp 150.000.

Investasi paket besar dibagi dalam dua pilihan yakni investasi non-Bonus Kredit Sepeda Motor (BKSM) senilai Rp 1,7 juta per bulan (dari bulan ke-1 sampai ke-9). Memasuki bulan ke-10, investor akan langsung mendapat bonus Rp 12 juta. Pada bulan ke-24, investor juga dijanjikan mendapat keuntungan Rp 31,2 juta.

Dengan tawaran yang menggiurkan itu, KLB akhirnya berhasil menghimpun 125.000 anggota dengan nilai total investasi mencapai Rp 6 triliun. Namun penyerahan bonus akhirnya macet pada Januari 2012 sehingga sejumlah investor mengadukan persoalan ini ke Polres Tangerang Kabupaten.(JUM)

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.389 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.294 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    328 respon

Total Respon: 8.011
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft