Updated: Wed, 04 Jul 2012 19:32:44 GMT

Inilah Perbedaan Negara Maritim dan Kepulauan

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menilai ada perbedaan tersendiri antara negara Kepulauan dan negara Maritim.


Inilah Perbedaan Negara Maritim dan Kepulauan

Liputan6.com, Jakarta: Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menilai ada perbedaan tersendiri antara negara Kepulauan dan negara Maritim. Menurut Sri Sultan, doktrin negara kepulauan adalah cara pandang, negara terdiri dari rangkaian pulau-pulau dan daratan yang terpisah oleh lautan.

Sedangkan negara maritim adalah negara terdiri dari wilayah lautan yang menghubungkan pulau-pulau di dalamnya. Dari aspek strategi militer lanjut Sri Sultan, juga ada perbedaan filosofis, negara kepulauan masih mengandalkan Angkatan Darat (AD), dan negara maritim mengandalkan Angkatan Laut (AL).

"Ada perbedaan besar antara negara kepulauan dan negara maritim. Cara mempertahankan kedaulatan juga berbeda dalam strategi militernya. Negara kepulauan mengandalkan AD sebagai first line of defence, sedangkan negara maritim mengandalkan AL yang memiliki kekuatan blokade di wilayah sendiri maupun blokade laut wilayah perairan musuh," kata Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kompleks Liga Mas Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (4/7).

Hal tersebut diungkapkan Sri Sultan pada saat diskusi kedaulatan maritim nasional sebagai kekuatan. Lebih lanjut Sri Sultan juga menjelaskan untuk mewujudkan kedaulatan maritim nasional sebagai kekuatan di Indonesia, maka konsekuensinya pemerintah harus memperkuat alutsista AL dan Angkatan Udara (AU).

"Hal itu harus dilakukan agar menjadi kekuatan laut terbesar di Asia Tenggara, seperti di masa Bung Karno yang menjamin kedaulatan NKRI. Dengan demikian tidak mungkin malaysia misalnya berani bermain-main di laut kita," paparnya.(AIS)

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.292 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.212 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    887 respon

Total Respon: 9.391
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft