Updated: Thu, 27 Jun 2013 10:37:00 GMT

Ingin Adukan Penyimpangan BLSM? SMS ke 1708

Pemerintah siap menampung masukan ataupun pengaduan dari masyarakat terkait penyimpangan penyaluran program perlindungan sosial seperti BLSM


Ingin Adukan Penyimpangan BLSM? SMS ke 1708

Liputan6.com, Jakarta : Pemerintah siap menampung masukan ataupun pengaduan dari masyarakat terkait penyimpangan penyaluran program perlindungan sosial seperti Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) dan subsidi beras alias raskin.

Seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Kamis (27/6/2013), pengiriman SMS masukan ataupun pengaduan dapat dilakukan dengan format sebagai berikut: bagi penerima KPS ketik SMS (spasi) Nomor KPS (spasi) isi pengaduan, sedang bukan penerima KPS ketik KPS (spasi) isi pengaduan lalu mengirim SMS ke 1708.

Contoh SMS:

KPS 888bd56789009 Rumah tangga saya di desa saya hanya menerima 5 kg Raskin (penerima KPS)
KPS Rumah tangga di desa saya hanya menerima 5 kg Raskin (bukan penerima KPS).

Dibukanya layanan sms ini dilakukan agar penyaluran sejumlah program perlindungan sosial bisa berjalan lancar dan tak ada penyimpangan.

Menurut Sekretaris Eksekutif Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Bambang Widianto, peluncuran Kartu Perlindungan Sosial (KPS) bertujuan untuk memperbaiki sasaran penerima program perlindungan sosial.

Kartu ini merupakan penanda masyarakat miskin dan dapat digunakan untuk mendapatkan program-program perlindungan sosial baik yang sudah berjalan, seperti raskin ataupun program lainnya seperti BLSM, Bantuan Siswa Miskin (BSM), ataupun Program Keluarga Harapan (PKH).

“KPS merupakan sebuah upaya perbaikan terhadap mekanisme sasaran yang menggunakan basis data terpadu. Dengan sasaran yang tunggal seperti ini, setiap program perlindungan sosial yang dilaksanakan oleh Pemerintah dapat lebih tepat sasaran,” jelas Bambang.

Sekadar informasi, pemerintah telah meluncurkan KPS bagi 15,5 Juta Rumah Tangga Miskin pada 5 Juni lalu, yang dikirim langsung kepada penerima oleh PT Pos Indonesia.

Untuk tahap pertama, pengiriman telah dilakukan pada 14 kota besar seperti Denpasar, Semarang, Palembang, Surabaya, Jakarta, Banjarmasin, Makassar, Medan, Yogyakarta, Bandung, Ambon, dan Jayapura.

Diharapkan 1 Juli, KPS telah didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia. Program-program itu diluncurkan sebagai kompensasi kenaikan harga premium dan solar yang berlaku mulai Sabtu, 22 Juni 2013. (Ndw)

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.824 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.137 respon
  3.  
    6 %
    Tidak tahu
    416 respon

Total Respon: 6.377
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft