Updated: Mon, 15 Jul 2013 19:40:00 GMT

Indonesia Siap Gunakan Nuklir untuk Pembangkit Listrik

Menristek dan Menteri ESDM sepaham bahwa Indonesia membutuhkan sumber energi baru listrik yang berasal dari tenaga nuklir.


Indonesia Siap Gunakan Nuklir untuk Pembangkit Listrik

Liputan6.com, Jakarta : Setelah beberapa kali mendapatkan penentangan dari berbagai kalangan, pemerintah tampaknya mulai melirik potensi nuklir untuk dijadikan sumber energi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). Pertimbangannya, penggunaan tenaga nuklir terbilang lebih cepat ketimbang energi lain.

Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta mengatakan seharusnya Indonesia mulai memikirkan pengguanaan nuklir sebagai sumber energi. Dengan sumber energi yang semakin berkurang, Indonesia justru memiliki bahan baku nuklir yang sudah tersedia.

"Kalau kurang, kenapa kita tidak mencoba mengembangkan nuklir, katakanlah dikembangkan dari sekarang 10 tahun baru jadi. Saya dari Kalimantan Barat banyak uranium disana, Bangka Belitung kajiannnya sudah selesai, kita ada kok barangnya," kata Gusti, dalam sidang anggota Dewan Energi Nasional (DEN) ke 10, di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (12/7/2013).

Dikesempatan yang sama Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengakui pandangan dari mitra kerjanya tersebut. Menurunya, Indonesia sudah saatnya mulai membuka pintu terhadap tehnologi tersebut guna memenuhi kebutuhan enegi dimasa depan.

"PLTN, waktu itu banyak perdebatan ya akhirnya energi nuklir jdi pilihan terakhir, maksudnya negeri ini membuka pintu untuk nulir, terus terang sudah kami bahas ini," tuturnya.

Menurutnya, kebutuhan energi kedepan semakin meningkat, jika mengandalkan sumber energi yang sudah ada saat ini tidak akan mencukupi.

"Kelihatannya kebutuhan energi makin gede eksponensial, kalau kita tomboki dengan geothermal, lama sekali, sedangkan industri butuh listrik ribuan megawaat," pungkasnya.(Pew/Shd)

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.388 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.496 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    931 respon

Total Respon: 9.815
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft