Updated: Fri, 07 Dec 2012 17:46:44 GMT

Indonesia Contek Turki Sederhanakan Nilai Rupiah

Indonesa bisa menyontek proses redenominasi nilai mata uang dari Turki. Salah satu negara di Eropa ini dianggap sukses melalui transisi meski memakan waktu lima tahun.


Indonesia Contek Turki Sederhanakan Nilai Rupiah

Bank Indonesia (BI) mengungkapkan Indonesa bisa menyontek proses penyederhaan nilai mata uang dari Turki. Salah satu negara di Eropa ini dianggap sukses melalui masa transisi penyederhaan mata uangnya lewat penggunaan dua nilai.

"Kita (ikuti) model Lira Turki. Ada Lira baru dan Lira lama. Barang-barang pun diberi label dengan dua pecahan itu," kata Kepala Grup Humas BI, Difi A Johansyah, di kantor BI, Jakarta, Jumat (7/122012).

Difi menjelaskan, proses transisi penyederhanaan mata uang Lira oleh pemerintah Turki setidaknya membutuhkan waktu hingga lima tahun.

"Pada akhirnya nolnya banyak dihapus, masyarakat terbiasa dengan yang baru," kata dia.

Konsep redenominasi yang sama, lanjut Difi, bakal dijalankan pemerintah. Nantinya, Indonesia bakal memberlakukan uang dengan dua pecahan dengan nilai yang sama. Untuk pecahan baru, akan ada beberapa angka nol yang dihilangkan.

Dengan kewajiban itu, BI menegaskan para pedagang nanti akan diwajibkan mencantumkan dua pecahan mata uang rupiah.

BI optimistis rencana penyederhanaan nominal rupiah ini takkan menimbulkan gejolak. Dari sisi ekonomi, laju inflasi dianggap sudah semakin bagus dan tidak menunjukan gejala kegaduhan.

Sebagi informasi, redenominasi sering dikaitkan dengan penyederhaan nilai mata uang salah satunya dengan mengurangi angka nol yang tertera di mata uang lama.

Namun redenominasi ini seringkali dikaitkan dengan sanering yaitu yaitu pemangkasan nilai mata uang akibat inflasi yang terus membengkak. (SHD/IGW)

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.421 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.608 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    944 respon

Total Respon: 9.973
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft