Liputan
Updated: Sat, 03 Aug 2013 14:30:00 GMT

Hari Ini, Puncak Arus Mudik Lebaran 2013

Kemenhub menyabutkan, Sabtu (3/8/2013) ini merupakan puncak arus mudik lebaran tahun 2013.


Hari Ini, Puncak Arus Mudik Lebaran 2013

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Soeroyo Alimoeso mengatakan, Sabtu (3/8/2013) ini merupakan puncak arus mudik lebaran tahun 2013.

"Saya perkirakan hari ini merupakan puncak arus mudik laberan thun ini, karena semua kegiatan kantor sudah selesai. Pada jumat kemarin banyak pegawai kantor yang terakhir bekerja, minggu depan mereka dapat cuti panjang, makanya banyak yang pergi untuk mudik hari ini," ujar Soeroyo.

Menurut Soeroyo, banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi kala mudik. Pilihan transportasi lain, yakni seperti kapal laut, kereta api, pesawat dan bus.

Dia memprediksi, jumlah pemudik yang menggunakan moda transportasi angkutan umum pada lebaran tahun ini bisa mencapai 18 juta orang. Untuk kendaraan pribadi nampaknya terlihat melonjak secara signifikan.

"Pemudik yang menggunakan sepeda motor bisa mencapai 3 juta unit motor dan mobil pribadi bisa mencapai 1,7 juta unit mobil pribadinya," tutur dia.

Selain itu, dia menginginkan agar masyarakat banyak bisa selamat sampai tujuan kampung halamannya. Sebab itu pemerintah fokus untuk mengatur kendaraan yang melintas di saat perjalanan mudik lebaran tahun ini, sehingga tidak akan terjadi banyak kemacetan yang luar biasa, khususnya tingkat kecelakaan.

Dia mengakui, puncak arus mudik yang terjadi hari ini harus terus diwaspadai dengan sebaik mungkin. Itu karena masih banyak truk yang melintas di jalan raya. Pemerintah pun melarang bagi truk yang melintas pada H-4 lebaran yang jatuh pada Minggu, tanggal 4 Agustus 2013. (Dis/Nur)

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.205 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.253 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    457 respon

Total Respon: 6.915
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft