Updated: Tue, 05 Jun 2012 22:22:07 GMT

Hampir 500 TKI Dipulangkan dari Arab Saudi

Sejumlah TKI yang bekerja di Arab Saudi minta perlindungan KBRI dengan berbagai alasan. Sebagian dari mereka sudah dipulangkan ke Tanah Air.


Hampir 500 TKI Dipulangkan dari Arab Saudi

Liputan6.com, Jakarta: Dalam kurun waktu 7 April-3 Mei 2012, Kementerian Luar Negeri memulangkan 495 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Arab Saudi. Pemulangan mereka dilakukan secara bertahap dengan menggunakan berbagai maskapai penerbangan internasional. Hal tersebut diungkapkan Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri P.L.E. Priatna melalui siaran persnya kepada liputan6.com di Jakarta, Selasa (5/6).

Priatna menjelaskan, alasan umum yang mengharuskan mereka pulang adalah karena kabur dari majikan. "Permasalahannya beragam, dari gaji tidak dibayar, pekerjaan tidak seuai dengan kontrak kerja, disakiti majikan, tidak siap bekerja, sakit atau ingin pulang ke Tanah Air," ungkapnya.

Dalam catatan KBRI Riyadh, para TKI pada umumnya lari ke KBRI untuk meminta perlindungan. KBRI kemudian menampung di Transit House setelah melalui proses pendataan bagi keperluan administrasi dengan pihak-pihak terkait di Arab Saudi guna mendapatkan izin keluar (clearance) dari pemerintah Arab Saudi.

Saat ini jumlah TKI di Transit House KBRI Riyadh yang masih dalam proses untuk dipulangkan ke Indonesia sebanyak 208 orang. Proses pemulangan para TKI kali ini juga disertai dengan keberhasilan mengupayakan hak-hak mereka sebesar US$ 358.709. Jumlah ini setara dengan Rp 3.300.129.504. dengan asumsi kurs 1 USD senilai Rp 9.200.

KBRI Riyadh saat ini mengupayakan permasalahan TKI di Riyadh dapat diselesaikan dalam waktu singkat. Hal ini sebagai wujud kepedulian dan keberpihakan KBRI yang pada gilirannya untuk dapat memaksimalkan usaha perlindungan terhadap WNI/TKI. KBRI telah meminta kepada pihak-pihak terkait di Indonesia untuk dapat membantu kelancaran pemulangan TKI sampai ke daerah asal masing-masing.(ULF)

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.224 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.260 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    460 respon

Total Respon: 6.944
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft