Updated: Wed, 10 Oct 2012 10:50:00 GMT

Hamengkubuwono X Dilantik Sebagai Gubernur DI Yogyakarta

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai Gubernur DI Yogyakarta, di Gedung Agung, Yogyakarta, Rabu (10/10).


Hamengkubuwono X Dilantik Sebagai Gubernur DI Yogyakarta

Liputan6.com, Yogyakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai Gubernur DI Yogyakarta, di Gedung Agung, Yogyakarta, Rabu (10/10) pagi.

Hamengkubowono X dan Paku Alam menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Yogyakarta melalui proses penetapan oleh DPRD sebagaimana diaturdalam UU Keistimewaan Yogyakarta. Penetapan dilakukan pada 21 September 2012.

Dalam sambutannya, SBY menegaskan, UU No. 13/2012 tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta adalah bentuk pengakuan sekaligus penghormatan negara, atas satuan-satuan pemerintahan daerah yang bersifat khusus dan bersifat istimewa.

"Negara mengakui keistimewaan Yogyakarta sebagai suatu pemerintahan daerah yang berbeda dengan daerah-daerah provinsi lain," kata SBY. Undang-undang tersebut, kata Presiden, juga merupakan instrumen yuridis demi berjalannya pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta yang demokratis dan terwujudnya kesejahteraan dan ketentaraman masyarakat.

"Bersamaan dengan itu, ingin saya tegaskan bahwa Yogyakarta adalah bagian utama dari Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Presiden. Yogyakarta, SBY melanjutkan, juga menjadi bagian penting bagi proses demokratisasi dan transformasi kehidupan bangsa yang tengah dilakukan dewasa ini. (ANT)

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    558 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    2.292 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    111 respon

Total Respon: 2.961
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft