Updated: Wed, 03 Jul 2013 11:00:00 GMT

GERD, Bermula dari Sering Mulas yang Diremehkan

Anda pasti pernah mengalami mulas pada perut. Tanpa disadari, hal itu merupakan tanda awal penyakit pencernaan kronis yang disebut GERD.


GERD, Bermula dari Sering Mulas yang Diremehkan

Liputan6.com, Jakarta : Anda pasti pernah mengalami mulas pada perut. Namun, hal itu hanya Anda anggap sebagai hal yang biasa dan sering dialami oleh semua orang. Tanpa disadari, hal itu merupakan tanda awal penyakit pencernaan kronis yang disebut sebagai Gastroesophageal reflux disease (GERD).

Apa itu GERD? Lalu, apa gejala, penyebab, dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasan yang dilansir dari Mayoclinic, Rabu (3/7/2013):

Deskripsi

Gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan penyakit pencernaan kronis yang terjadi ketika asam lambung atau bahkan empedu mengalir kembali ke dalam saluran pencernaan makanan (esofagus). Hal itu menyebabkan iritasi pada lapisan kerongkongan dan menyebabkan refluks asam dan menimbulkan rasa mulas.

Kedua kondisi tersebut memang sering dialami oleh banyak orang. Namun, apabila Anda mengalaminya dua kali atau lebih tiap minggunya, jelaslah ini merupakan gastroesophageal reflux disease.

Gejala

  1. Dada terasa panas terbakar, panas dalam perut, dan terkadang menyebar ke tenggorokan
  2. Rasa asam di mulut
  3. Nyeri dada
  4. Kesulitan menelan (disfagia)
  5. Batuk kering
  6. Suara serak atau sakit tenggorokan
  7. Regurgitasi makanan atau asam cair (acid reflux)
  8. Terdapat benjolan dalam tenggorokan
Penyebab

Umumnya, GERD disebabkan oleh asam lambung atau bahkan empedu yang mengalir balik ke kerongkongan. Hal ini dapat mengiritasi lapisan kerongkongan dan menyebabkan peradangan (esophagitis). Seiring waktu, peradangan dapat mengikis kerongkongan dan menyebabkan komplikasi seperti perdarahan atau masalah pada pernapasan.

Namun, ada faktor lain yang turut menjadi penyebab timbulnya penyakit ini:
  • Obesitas atau kelebihan berat badan
  • Kehamilan
  • Kebiasaan merokok
  • Asma
  • Mulut kering
  • Diabetes
  • Gangguan pada jaringan ikat, seperti skleroderma
  • Sindrom Zollinger-Ellison - suatu kondisi di mana satu atau lebih tumor tumbuh di pankreas atau di bagian atas usus kecil (duodenum). Tumor ini disebut sebagai gastrinomas dan mengeluarkan sejumlah besar hormon gastrin. Hal ini menyebabkan perut Anda menghasilkan terlalu banyak asam dan mengakibatkan tukak lambung.

Seiring waktu, peradangan kronis di kerongkongan Anda dapat mengakibatkan komplikasi, termasuk:
  • Penyempitan kerongkongan (penyempitan esofagus). Kerusakan sel-sel dalam esofagus bagian bawah dari paparan asam menyebabkan pembentukan jaringan parut. Jaringan parut mempersempit jalur makanan, menyebabkan kesulitan menelan.
  • Luka terbuka di kerongkongan (esofagus ulkus). Asam lambung sangat dapat mengikis jaringan di kerongkongan, menyebabkan luka terbuka untuk membentuk. The esophageal ulkus mungkin berdarah, menyebabkan rasa sakit dan membuat menelan sulit.
  • Perubahan prekanker pada esofagus (kerongkongan Barrett). Dalam Barrett esophagus, warna dan komposisi jaringan yang melapisi bawah perubahan esofagus. Perubahan ini terkait dengan peningkatan risiko kanker esofagus. Risiko kanker rendah, tetapi dokter anda mungkin akan merekomendasikan ujian endoskopi rutin untuk mencari tanda-tanda peringatan awal kanker esofagus.
Pengobatan

Untuk meminimalisir gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini atau bahkan untuk mengobatinya, cobalah terlebih dahulu untuk merubah gaya hidup Anda. Misalnya dengan menjaga berat badan, menghindari makanan dan minuman yang dapat menimbulkan rasa mulas, tidak berbaring setelah makan, tidak merokok, dan sebagainya. Namun, apabila hal itu tidak berpengaruh, maka Anda dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut:
  1. Penggunaan sinar X-ray dari saluran pencernaan bagian atas. Anda dianjurkan untuk meminum cairan yang mengandung kapur guna mengisi lapisan dalam saluran pencernaan Anda. Lapisan ini memungkinkan dokter untuk melihat bentuk siluet dan kondisi kerongkongan, lambung dan usus bagian atas Anda (duodenum).
  2. Endoskopi adalah cara visual untuk memeriksa bagian dalam kerongkongan Anda. Dokter menyisipkan tabung fleksibel tipis dilengkapi dengan lampu dan kamera dan kemudian dimasukkan ke dalam tenggorokan Anda. Endoskopi memungkinkan dokter untuk memeriksa kerongkongan dan perut. Selain itu, endoskopi juga berguna untuk mengumpulkan sampel jaringan (biopsi) untuk pengujian lebih lanjut.
  3. Probe asam Ambulatory (pH) tes. Sebuah tes untuk memantau jumlah asam di kerongkongan Anda. Tes ini menggunakan tabung fleksibel (kateter) yang berulir melalui hidung ke kerongkongan. Selama pengujian, tabung terhubung ke sebuah komputer kecil.
  4. Operasi
Beberapa jenis pembedahan yang direkomendasikan dokter untuk menangani penyakit ini antara lain:
  1. Nissen fundoplication. Pembedahan ini bertujuan untuk memperkuat esofagus bagian bawah. Pembedahan dapat dilakukan secara terbuka atau laparoskopi. Dalam operasi terbuka, ahli bedah membuat sayatan panjang di perut Anda. Sedangkan, dalam bedah laparoskopi, ahli bedah membuat tiga atau empat sayatan kecil di perut dan kemudian memasukkan instrumen yaitu sebuah tabung fleksibel dengan kamera kecil.
  2. Pembedahan untuk menciptakan sebuah penghalang guna mencegah cadangan dari asam lambung. Sebuah perangkat, Esophyx, dimasukkan melalui mulut ke perut. Perangkat ini digunakan untuk melipat jaringan di dasar perut dan mengganti katup sfingter untuk menjaga asam lambung agar tidak masuk ke dalam kerongkongan Anda.
  3. Prosedur Stretta. Sebuah prosedur untuk membentuk jaringan parut pada kerongkongan. Pendekatan ini menggunakan energi elektroda untuk memanaskan jaringan kerongkongan. Panas tersebut akan menciptakan jaringan parut dan merusak saraf yang merespon refluks asam.

Tak hanya itu saja, GERD juga dapat diobati dengan beberapa jenis terapi alternatif, misalnya:
  • Mengonsumsi bat herbal.
  • Terapi relaksasi. Teknik ini digunakan untuk menghilangkan rasa stres dan kecemasan dan dapat mengurangi tanda dan gejala GERD.
  • Akupunktur. Akupunktur dilakukan dengan cara memasukkan jarum tipis ke titik-titik tertentu pada tubuh Anda. Sebuah studi menyatakan bahwa penyakit maag dapat disembuhkan dengan teknik akupunktur.

(Mel/*)

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.416 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.466 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    343 respon

Total Respon: 8.225
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft