Updated: Wed, 27 Mar 2013 23:15:00 GMT

Film Korea Jadi Raksasa di Dunia Hiburan

Hallyu wave telah merajelela di dunia. Setelah dibombardir dengan group idola dan penyanyi asal Korea, drama dan film asal Negeri Ginseng ini pun banyak yang mengambil alih dunia hiburan


Film Korea Jadi Raksasa di Dunia Hiburan

Hallyu wave telah merajelela di dunia. Setelah dibombardir dengan group idola dan penyanyi asal Korea, drama dan film asal Negeri Ginseng ini pun banyak yang mengambil alih dunia hiburan. Buktinya, dunia akting dan seni peran di Korea Selatan kini merupakan ketujuh terbesar di pasaran dunia.

Laporan dari Pasar Film Global 2012 menyebutkan, dunia perfilaman masih dikuasai Amerika Serikat dan Kanada. Dua negara tersebut memperoleh Rp 10,8 miliar USD. Sementara, film asal Cina nomor dua di dunia dengan Rp 2,7 miliar USD.

Pasar film China adalah nomor dua di dunia dengan Rp 2,7 miliar. Jepang, secara tradisional nomor dua tempat, didorong ke nomor tiga dengan ukuran pasar sebesar USD 2,4 miliar.

Film dari Inggris dan Perancis berada di nomor empat dengan 1,7 miliar USD. Selain itu, film Bollywood asal India di posisi lima dengan 1,4 miliar USD. Sementara itu, Korea berada di posisi ketujuh. Drama dan film asal Korea mampu meraih pasaran 1,3 miliar USD.

Kesuksesan film dan drama asal Korea ini merupakan bagian dari Hallyu wave yang tengah berkembang dan mengubah pemetaan dunia hiburan. Drama Winter Sonata dinilai sebagai "pintu gerbang" masuknya KPop ke negara-negara lain di dunia.

Winter Sonata diproduksi Maret 2002 di Korea Selatan. Di Jepang, drama ini ditayangkan NHK dari April hingga September 2003, menandai dimulainya gelombang Korea di Jepang dan seluruh Asia, serta dunia. Meski Kpop belum terlalu lama eksis di dunia hiburan, hal ini merupakan suatu pembuktian jika karya sineas asal Korea bisa berasing di dunia. (koreafilm/Des)

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    2.042 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.510 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    770 respon

Total Respon: 8.322
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft