Liputan
Updated: Mon, 12 Aug 2013 15:44:24 GMT

Empat Fakta Menarik Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2013

Liliyana Natsir merupakan pemain kedua di ganda campuran yang dapat meraih gelar juara dunia sebanyak tiga kali.


Empat Fakta Menarik Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2013

Tim Indonesia memastikan merebut dua gelar pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2013 di Tianhe Indoor Stadium, Guangzhou, Cina, Minggu (11/8/13). Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sukses menjadi juara di nomor ganda putra setelah mengalahkan pasangan Denmark Mathias Boe/Carsten Mogensen dua set langsung.

Sebelumnya, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir juga berhasil merebut gelar juara di nomor ganda campuran. Ganda campuran andalan Indonesia itu jadi juara dunia setelah mengalahkan Xu Chen/Ma Jin yang merupakan ganda campuran nomor satu dunia asal Cina dengan 21-13 dan 21-16.

Ketika Kejuaraan Dunia yang dihelat di Guagzhou, China terungkir empat fakta menarik di kompetisi yang dihelat setiap dua tahun itu. Berikut empat sejarah di antaranya seperti yang dikutip dari beberapa sumber dan menjadi tajuk berita utama di sejumlah situs berita mulai dari ChannelAsia, The Times hingga Star Online, Senin (12/8/13):

1. Keberhasilan Lin Dan Jadi Juara Dunia Sebanyak Lima Kali Berturut-turut

Lin Dan tampil sebagai juara BWF World Badminton Championship 2013 yang berlangsung di Guangzhou, China. Setelah di partai final yang digelar di Tianhe Indoor Gymnasium, Guangzhou, Minggu, 11 Agustus 2013, sore waktu setempat, Lin Dan mengalahkan musuh bebuyutannya yang ditempatkan sebagai unggulan pertama, pebulutangkis asal Malaysia, Lee Chong Wei, rubber set 16-21, 21-13, dan 20-17.

Chong Wei yang berambisi meraih gelar pertamanya di ajang kejuaraan dunia, terpaksa harus gigit jari tatkala saat kedudukan tertinggal 17-20 di set ketiga, ia tak mampu melanjutkan pertandingan akibat cedera kram pada kedua pahanya. Sempat mendapat perawatan tim medis pada kedudukan 17-19, Chong Wei kembali turun ke lapangan. Namun, setelah melakukan rally panjang, akhirnya Chong Wei menyerah.

Dengan keberhasilan ini, Lin Dan menoreh catatan fantastis dalam sejarah bulu tangkis modern, yaitu lima kali merebut gelar juara dunia secara berturut-turut. Catatan yang tak dapat dibukukan legenda bulutangkis dunia lainnya. Empat kali gelar juara dunia diraih Lin Dan di Madrid (2006), Kuala Lumpur (2007), Hyderabad (2009), dan London (2011). Berita keberhasilan Lin Dan ini menjadi tajuk utama di BBCSport hingga Channel Asia pada Senin (12/8/13).

2. Keberhasilan Pemain Muda Thailand Jadi Juara Tunggal Putri

Sejarah tercipta di Tianhe Indoor Gymnasium, Guangzhou, Minggu, 11 Agustus 2013. Pebulutangkis putri muda asal Thailand, Ratchanok Inthanon, tampil sebagai juara dunia BWF World Badminton Championship 2013 setelah di partai final menundukkan unggulan utama, pebulutangkis putri asal China, Li Xuerui, tiga set, 22-20, 18-20, dan 21-14.

Inilah gelar bergengsi pertama bagi Inthanon, 18 tahun. Tampil gigih, unggulan keempat yang sebelumnya tampil sebagai juara di Yonex Sunrise India Open 2013 dan SCG Thailand Open 2013, bermain dengan penuh percaya diri meladeni permainan Xuerui.

Keberhasilan Inthanon ini menjadi headline di sejumlah situs pemberitaan yang ada di Asia mulai dari Channel Asia,The Times, Star Online, dan NDTV.com.

3. Liliyana Natsir Jadi Pebulutangkis yang Dapat Meraih Tiga Kali Juara Dunia

Liliyana Natsir meraih gelar juara dunia setelah mengalahkan Xu Chen/Ma Jin asal China bersama pasangannya, Tontowi Ahmad, untuk nomor ganda campuran di World Championship 2013 di Guangzhou, Cina, Minggu (11/8/13). Kemenangan tersebut mengantarkan rekor baru bagi pebulutangkis yang akrab di sapa dengan "Butet" yang menyejajarkan dirinya dengan legenda Korea Selatan.

Kemenangan di Kejuaraan Dunia 2013 menempatkan Liliyana sejajar dengan Yu Yang, Ge Fei, Guan Weizhen, Han Aiping, Huang Sui Li Lingwei, dan Lin Ying, semuanya yang berasal dari China, serta Kim Dong-moon (Korea Selatan).

Namun, yang menjadi istimewa adalah Butet merupakan pemain kedua di ganda campuran yang dapat meraih gelar juara dunia sebanyak tiga kali. Sebelumnya catatan tersebut hanya bisa diraih legenda Korsel, Park Joo-bong.

Raihan tersebut dirasakan Park bersama pasangannya Yoo Sang-hee pada 1985 dan Chung Myung-hee pada 1989 dan 1991. Namun, Park juga merasakan gelar juara dunia untuk nomor ganda putra sebanyak dua kali bersama Kim Moon-soo pada 1986 dan 1991.

Di sisi lain, Liliyana juga menjadi pebulu tangkis Indonesia satu-satunya yang bisa menjadi juara dunia lebih dari dua kali. Dua gelar sebelumnya diraih Butet pada 2005 dan 2007 bersama Nova Widianto.

4. Kemunculan Rising Star asal India, PV Sindhu

PV Sindhu merupakan pemain bulutangkis berusia 18 tahun berhasil masuk ke babak empat besar Kejuaraan Dunia 2013 di China. Menurut beberapa pengamat bahwa nantinya Sindhu akan menjadi pengganti dari ratu bulangkis India, Saina Nehwal.

Selain itu, aktor asal India, Shahrukh Khan juga memuji penampilan dari Sindhu di ajang kejuraan dunia 2013 walaupun Sindhu harus kalah dari Ratchanok Inthanon di babak empat besar. (bek)

Baca juga:
* Kunci Keberhasilan Tim Bulu Tangkis Indonesia
* Ditanya Soal Rooney, Manajer MU Marah
* Timnas Punya Modal Bagus Ini Lawan Filipina
* Nadal `Smash` Muka Djokovic dengan Bola Tenis
* Seksinya Tarian Pacar Neymar
* Duh... Cantiknya Istri Ketiga Pemilik Liverpool
* Dramatis, Tontowi/Liliyana Juara Dunia

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.401 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.362 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    336 respon

Total Respon: 8.099
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft