Updated: Mon, 28 May 2012 16:56:17 GMT

Beasiswa Dosen Berlaku Sama untuk PTN/PTS

Pemerintah memberlakukan sama perolehan beasiswa untuk dosen Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta (PTN/PTS) ke luar negeri.


Beasiswa Dosen Berlaku Sama untuk PTN/PTS

Liputan6.com, Padang: Pemerintah memberlakukan sama perolehan beasiswa untuk dosen Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta (PTN/PTS) ke luar negeri. Demikian dikatakan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Musliar Kasimdi Padang,Sumatra Barat, Ahad (27/5).

"Sekarang dosen Perguruan Tinggi Negeri dan swasta punya kesempatan yang sama untuk mendapatkan program beasiswa S2 dan S3 ke luar negeri," kata
Musliar. "Sepanjang dosen sudah punya tanda atau bukti diterima pada suatu perguruan tinggi di luar negeri, sudah dapat mengusulkan beasiswa ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan."

Dijelaskan
Musliar, pemerintah akan menanggung semua biaya kuliah dan biaya hidup selama menjalankan pendidikan pada perguruan tinggi yang diinginkan tersebut. Menurutnya, perguruan tinggi tak akan bisa menciptakan lulusan yang berkualitas, jika tidak didukung oleh dosen yang bagus.

"Supaya bisa meraih beasiswa ke luar negeri, tentu kemampuan penguasaan bahasa asing, terutama bahasa Inggris sangat diperlukan," ujar
Musliar. "Program beasiswa untuk dosen yang disediakan pemerintah untuk 1.000 orang/tahun sejak dua tahun terakhir, tapi tidak terisi semuanya."

Kondisi itu, kata
Musliar, tak terlepas dari penguasaan bahasa asing para dosen, baik di PTN maupun PTS, masih kurang sehingga peluang yang ada tak dimanfaatkan.(ANT/SHA)

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.260 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.125 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    878 respon

Total Respon: 9.263
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft