Updated: Mon, 09 Jan 2012 00:25:00 GMT

Cuaca Buruk Ganggu Sejumlah Perairan

Tingginya gelombang dan angin kencang di pesisir Merak, Banten, dalam dua hari terakhir menyulitkan kapal untuk sandar. Aktivitas bongkar muat kendaraan dan penumpang juga terganggu.


Cuaca Buruk Ganggu Sejumlah Perairan

Liputan6.com, Merak: Tingginya gelombang dan angin kencang di pesisir Merak, Banten, dalam dua hari terakhir menyulitkan kapal untuk sandar. Aktivitas bongkar muat kendaraan dan penumpang juga terganggu.

Selain di pesisir Merak, kondisi cuaca di jalur pelayaran Selat Sunda yang menghubungkan pelabuhan Merak dengan pelabuhan Bakauheni, Lampung, juga terganggu. Bahkan ada calon penumpang yang mempertanyakan kelaikan kapal-kapal yang melayani penyeberangan Merak-Bakauheni.

Pihak PT ASDP memastikan semua kapal laik berlayar dan telah lolos uji kelaikan dari administratur pelabuhan Merak. Meski begitu, semua kapal diminta waspada dan memperhatikan peringatan dari Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisikan (BMKG) terutama jika cuaca berubah ekstrem.

Dampak cuaca buruk sangat dirasakan nelayan di sepanjang pesisir Cinangka, Sirih, dan Jambu, Serang, Banten. Sudah dua pekan mereka tidak berani melaut akibat gelombang tinggi. Memperbaiki perahu dan jala menjadi pilihan. Sebagian lainnya memilih beralih profesi menjadi pencari sampah.

Cuaca buruk juga membuat harga ikan laut di Makassar meningkat. Kurangnya pasokan karena nelayan tidak melaut membuat warga terpaksa beralih ke ikan air tawar.

Dalam beberapa hari terakhir, cuaca buruk memang terjadi di sejumlah daerah. Selain membuat kegiatan ekonomi terganggu cuaca buruk juga mengakibatkan bencana seperti banjir tanah longsor dan juga angin puting beliung. (YUS)

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.293 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.214 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    887 respon

Total Respon: 9.394
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft