Updated: Sat, 07 Jan 2012 23:19:00 GMT

Karier Gemilang Messi Berawal dari Serbet

Karier Lionel Messi di Barcelona sungguh mengesankan. Tiga trofi Liga Champions dan lima titel La Liga telah diraihnya. Tapi tahukah Anda kalau perjalanan megabintang asal Argentina itu dimulai dari secarik kertas serbet?


Karier Gemilang Messi Berawal dari Serbet

Liputan6.com, Barcelona: Tak ada yang memungkiri jika perjalanan karier Lionel Messi bersama Barcelona sangat mengesankan. Berbagai gelar juara prestisius, baik secara tim maupun personal, sudah digondol. Tapi, tahukah Anda jika perjalanan kariernya itu diawali dari secarik kertas serbet?

Benar. Kejadiannya lebih dari satu dekade lalu ketika Messi baru berusia 13 tahun. Saat itu Messi hanya seorang bocah kecil kerempeng dengan talenta besar berharap bisa mendapatkan kontrak dari Barcelona.

“Serbet itulah yang saya yakini dan juga kolega lain yang telah mengubah sejarah Barcelona,” kata Horacio Gagglioli yang bertindak selaku makelar dari urusan transfer Messi ke Barca. “Jika tidak ada serbet itu, Leo—panggilan akrab Messi—mungkin akan bermain di klub lain.”

Messi menjalani ujian pertama dengan Barca pada September 2000. Messi datang dengan tinggi tubuh di bawah rata-rata, tetapi selalu mampu memainkan bola dengan ciamik di kakinya. Bocah kecil asal Argentina itu memesona Carles Rexach yang ketika itu menjabat Sekretaris Teknik Barca.

Beberapa bulan kemudian, ketika sampai pada keputusan akhir, Rexach dan pelatih beserta jajarannya membuat kontrak informal tanda niat bulat Barca mengontrak Messi dan akan meluluskan permintaan Jorge, ayah dari Messi. Nah saat itu, bertempat di klub tenis Barcelona, pengurus klub tidak menyiapkan kertas khusus. Jadilah dimanfaatkan kertas serbet untuk menyampaikan maksud bertepatan pada 14 Desember 2000.

Sejak saat itu dan setelah menandatangani kontrak profesional, pemain berjuluk Si Kutu itu menjelma menjadi pemain top dunia. Messi yang baru 24 tahun difavoritkan merebut trofi Ballon d’Or untuk ketiga kalinya berturut-turut, menyamai legenda Prancis Michel Platini. Dia mencetak 53 gol musim lalu dan 31 gol sejauh musim ini, membuatnya hanya terpaut 25 gol untuk menyamai rekor gol klub yang dipegang Cesar Rodriguez.

Trofi bersama Azulgrana tak kalah berjejer. Messi membawa klub dari Katalunya itu menjuarai Liga Champions sebanyak tiga kali, lima trofi La Liga, sepasang Piala Dunia Antarklub, lima Piala Super Spanyol, dan sebuah Copa del Rey sejak memulai debutnya pada Oktober 2004 pada usia 17 tahun 114 hari. Messi pun dibanding-bandingkan denga Pele, Diego Maradona, dan Alfredo Di Stefano, pesepakbola legendaris sepanjang masa.

Permintaan ayah Messi yakni Barcelona membiayai pengobatan hormon pertumbuhan yang mengganggu pertumbuhan badan anaknya. Menurut Gaggioli, River Plate sejatinya memiliki kesempatan menggaet Messi, hanya saja tak sanggup meluluskan permintaan Jorge.

Sedangkan serbet bersejarah itu hingga kini tetap berada di tangan Gaggioli. Serbet itu dilaminating dan disimpan dalam kotak deposit di sebuah bank, bukannya berada di museum Barcelona. Gaggioli mengatakan, museum Barcelona memang tempat yang seharusnya dan dia siap memberikannya sebagai koleksi bersejarah dengan cuma-cuma.(DIM/AP Sports)

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    822 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    3.535 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    184 respon

Total Respon: 4.541
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft