Updated: Fri, 06 Jan 2012 20:46:17 GMT

Tuntut Ganti Rugi, Warga Blokade Areal Tambang

Ratusan warga dari empat desa di Konawe Selatan memblokir jalan produksi perusahaan pertambangan nikel PT Ifishdeco, untuk menuntut ganti rugi.


Tuntut Ganti Rugi, Warga Blokade Areal Tambang

Liputan6.com, Konawe: Ratusan warga dari empat desa di Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, memblokir jalan produksi perusahaan pertambangan nikel PT Ifishdeco, Jumat (6/1). Warga Desa Lalonggasu, Ngapaaha, Rasini, dan Desa Roraya memblokade jalan menggunakan mobil truk.

Dalam aksinya, ratusan warga berupaya memblokir aktivitas pertambangan di perusahaan ini. Tak hanya itu warga juga berencana untuk menduduki lahan tambang hingga kurun waktu tertentu. Upaya itu membuat aktivitas pertambangan terhenti. Alat-alat berat berhenti beroperasi.

Aksi ini sebagai upaya mendapat ganti rugi lahan mereka seluas 4000 hektar. Menurut warga, penguasaan atas lahan mereka melanggar hukum karena sesuai izin yang dikeluarkan pemda, PT Ifishdeco hanya diberi legalitas sebagai pemegang hak guna usaha perkebunan. Namun belakangan lahan dijadikan areal pertambangan nikel.

Menanggapi tuntutan ganti rugi, pihak perusahaan menyerahkan kepada pemda dan menyarankan warga menempuh jalur hukum. Menurut pihak perusahaan unjuk rasa warga ada yang menunggangi yakni perusahaan yang berkepentingan atas lahan mereka karena sebelumnya tidak ada penolakan dari warga.(JUM)

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.320 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    5.945 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    314 respon

Total Respon: 7.579
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft