Updated: Thu, 22 Dec 2011 06:50:00 GMT

Kapal Tenggelam, 100 Lebih Diduga Tewas

Diduga akibat gelombang tinggi dan kelebihan muatan, kapal motor tradisional Acu Indah Pratama yang mengangkut sekitar 200 penumpang tenggelam di Selat Dalam, perairan Maluku Tenggara Barat.


Kapal Tenggelam, 100 Lebih Diduga Tewas

Liputan6.com, Ambon: Kapal motor tradisional Acu Indah Pratama bertolak dari Pelabuhan Saumlaki, Maluku Tenggara Barat, Rabu (21/12) sekitar pukul 06.00 WIT, dengan tujuan Pelabuhan Sera. Saat kapal baru melaju sejauh 41 mil, tiba-tiba gelombang besar menghantam, sehingga kapal yang disesaki seratus lebih penumpang itu oleng dan tenggelam.

Saat kapal bertolak dari Pelabuhan Saumlaki, cuaca memang tengah buruk. Gelombang tinggi mencapai empat hingga enam meter. Kondisi diperparah jumlah penumpang yang melebihi kapasitas kapal. Kapal Acu yang berkapasitas seratus penumpang, kabarnya mengangkut penumpang hingga 250 orang.

Hingga Rabu petang baru 20 jasad penumpang yang ditemukan. Puluhan mayat itu terdampar di sekitar perkampungan warga Laft Dalam. Diduga ada sekitar seratus penumpang lainnya masih hilang. Pencarian akan dilanjutkan Kamis besok dengan bantuan tim penyelamat (SAR) gabungan dari Kota Ambon.

Menurut petugas Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Saumlaki, KM Acu keluar berlayar tanpa izin pihak syahbandar atau Administratur Pelabuhan (Adpel) Saumlaki. Karena itu, pihak syahbandar tidak mengetahui secara pasti jumlah penumpang kapal tersebut.

Pihak Adpel Ambon berharap, syahbandar di seluruh Maluku mewaspadai cuaca buruk yang belakangan kian gencar melanda perairan Maluku. Adapun guna membantu proses pencarian korban, tim gabungan SAR, Tagana dan medis dijadwalkan berangkat dari Ambon pada Kamis dini hari.(ANS)

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    2.010 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.389 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    755 respon

Total Respon: 8.154
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft