Updated: Sun, 18 Dec 2011 15:52:31 GMT

Angke-angke, Batu Ajaib Ranah Minang

Batu angke-angke di Batu Sangkar ini bisa menjadi berat sekali atau justru menjadi sangat ringan seperti kapas sesuai dengan keyakinan yang mengangkat.


Angke-angke, Batu Ajaib Ranah Minang

Liputan6.com, Batu Sangkar: Batu Sangkar di Sumatra Barat selama ini terkenal dengan keindahan alamnya nan mempesona. Tetapi selain itu, ternyata ada juga satu ciri khas negeri di Ranah Minang tersebut yakni batu angke, batu istimewa yang kerap berubah-ubah beratnya.

Wisata batu angke terletak di Kecamatan Sungaiyang, Batu Sangkar, sekitar tiga jam perjalanan dari Kota Padang. Ternyata si batu ajaib ini sudah mulai dikunjungi wisatawan sejak 100 tahun lalu. Selama itu pula tujuh generasi menjaga peninggalan sejarah yang unik ini.

Batu yang bernama angke-angke ini bisa menjadi berat sekali atau justru menjadi sangat ringan seperti kapas sesuai dengan keyakinan yang mengangkat. Konon ada kekuatan magis. Dalam bahasa Minang, angke-angke artinya angkat. Jadi batu angke-angke artinya batu yang diangkat.

Ada aturan sebelum mengangkat batu ini yakni membaca doa. Banyak dari pengunjung kelelahan karena ternyata batu ini beratnya mencapai ratusan kilogram di tangan mereka. Untuk bisa mengangkat batu ini tidak dipungut biaya, cukup membeli cinderamata seharga Rp 10 ribu.(JUM)

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.142 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.243 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    453 respon

Total Respon: 6.838
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft