Updated: Tue, 06 Dec 2011 21:33:26 GMT

Status Gunung Sindoro Kini Waspada

Status Gunung Sindara atau biasa disebut Sindoro terletak di perbatasan Temanggung-Wonosobo, Jawa Tengah secara resmi dinyatakan dalam level waspada, Senin (5/12) malam.


Status Gunung Sindoro Kini Waspada

Liputan6.com, Temanggung: Status Gunung Sindara atau biasa disebut Sindoro terletak di perbatasan Temanggung-Wonosobo, Jawa Tengah secara resmi dinyatakan dalam level waspada, Senin (5/12) malam. Penetapan menyusul terjadi kegempaan vulkanik yang semakin meningkat. Gunung Sindoro dalam beberapa hari terakhir juga tertutup kabut.

Dari data di pos Pemantauan Gunung Api (PGA) Sindoro Sumbing, Temanggung, kegempaan aktivitas kegempaan dalam tiga hari terakhir terjadi 20 kali gempa vulkanik dangkal. Padahal pada November, gempa vulkanik dangkal terjadi 10 kali.

Petugas PGA Sindoro Sumbing Sumaryanto mengatakan, untuk sementara jalur pendakian ditutup. Sedangkan bagi para petani yang memiliki lahan di dekat puncak Gunung Sindoro diimbau menghentikan aktivitas.

Sementara Camat Bansari Singgih Purnomo menjelaskan, meski status ditingkatkan ke waspada, warga yang tinggal di lereng Sindoro untuk tetap tenang tapi tetap harus waspada.

Seperti diketahui Gunung Sindoro terakhir kali meletus pada 1971. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 3.400 meter dari atas permukaan laut dan tertidur selama 40 tahun mulai beraktivitas sejak September silam. Dengan mengeluarkan asap sulfatara di bibir kawah sumur jolotundo di puncak Gunung Sindoro.(AIS)

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    319 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    1.317 respon
  3.  
    3 %
    Tidak tahu
    48 respon

Total Respon: 1.684
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft