Updated: Sun, 04 Dec 2011 14:09:00 GMT

Pemerintah Baru Mesir Diumumkan Rabu Depan

Informasi yang dilansir surat kabar Mesir, al-Ahram, Pemerintah baru Mesir baru akan diumumkan pada Rabu mendatang.


Pemerintah Baru Mesir Diumumkan Rabu Depan

Liputan6.com, Kairo: Pemerintah baru Mesir baru akan diumumkan pada Rabu mendatang. Demikian informasi yang dilansir surat kabar Mesir, al-Ahram yang mengutip pernyataan Perdana Menteri al-Kamal Ganzouri, Sabtu (3/12).

Pengumuman pemerintah itu ditunda dari Ahad hingga Rabu, kata Ganzouri, karena kesulitan dalam menunjuk menteri dalam negeri baru beberapa jam sebelum pemilu parlemen tahap kedua dimulai. Pemilu parlemen dijadwalkan berlangsung selama dua hari, dimulai pada Senin.

Kekuatan politik utama Mesir, Ikhwanul Muslimin, melaju dalam pemilihan anggota parlemen tahap pertama pada Senin dan Selasa (28-29/11). Pemantauan media massa setempat menunjukkan Ikhwanul Muslimin lewat partai politiknya, Partai Hurriyah wal Adalah, menang di sejumlah distrik pemilihan antara lain di Kairo, Fayoum, Iskandariah dan Asiut.

Partai Hurriyah Wal Adalah, yang memimpin "Koalisi Demokrasi Demi Mesir", menempati urutan pertama diikuti Koalisi Salafi --yang mencakup Partai An Nur, Partai Al Islah, Partai Al Wasat, Partai Al Isalah dan Partai Al Bina Wat Tanmiyah--partainya "Jamaah Islamiyah" [baca: Hamas: Kemenangan Faksi Islam di Mesir Baik].

Pemilu tahap pertama ini berlangsung di sembilan dari 27 provinsi, yaitu Kairo, Iskandariyah, Fayoum, Port Said, Dimyate, Asyut, Luxor, Kafrus Syaikh dan provinsi Bahrul Ahmar.

Pemilihan umum di Mesir berlangsung dalam tiga tahap. Yaitu tahap kedua akan berlangsung pekan depan 5-6 Desember dan tahap ketiga atau terakhir pada Januari 2012. Pemilu memperebutkan 498 dari 508 kursi Majelis Syaab (DPR)-10 kursi di antaranya ditunjuk penguasa bagi kalangan wanita, profesional dan minoritas Qoptik.

Sementara pemilihan Presiden dijadwalkan akan berlangsung Juni depan. Pemilihan yang dijuluki pemilu revolusi ini dinilai paling demokratis dalam sejarah Mesir modern.(ANT/AIS)

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    751 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    3.139 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    168 respon

Total Respon: 4.058
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft