Updated: Wed, 23 Jan 2013 14:44:29 GMT

Ahok: Waduk Pluit Sudah Dijarah 20 Hektare

Permukiman warga di Waduk Pluit menjadi biang masalah pembenahan waduk yang berimbas pada terjadinya banjir besar di Jakarta.


Ahok: Waduk Pluit Sudah Dijarah 20 Hektare

Fungsi Waduk Pluit sangat vital dalam penanggulangan masalah banjir di Jakarta. Karena itu, adanya permukiman warga di waduk ini telah menjadi biang masalah untuk pembenahan waduk.

"Waduk Pluit memang objek vitalnya negara. Tapi sayang sudah dijarah orang sampai 20 hektare. Itu persoalannya," jelas Wakil GUbernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), saat ditemui wartawan di Balai Agung, Balai Kota Jakarta, Rabu (23/1/2013).

Menurut Ahok, Waduk Pluit sengaja dirancang dan dibangun sejak masa Belanda guna menyelamatkan Jakarta dari banjir, termasuk menyelamatkan Istana Merdeka dan Monumen Nasional. "Makanya kenapa PLTU berani bangun juga, batu bara segala macam," ujar Ahok.

Terlebih posisi Waduk Pluit yang relatif strategis sebagai akses menuju Bandara Soekarno-Hatta. Tak heran jika banyak warga Jakarta yang tinggal di sana. "Dimana-mana yang dekat bandara disenengin orang, itu kan aksesnya gampang," lanjut mantan Bupati Belitung Timur ini.

Bahkan, lanjut Ahok, sebagian Jakarta akan tenggelam jika waduk ini tidak dikelola dengan benar. "Kalau Waduk Pluit beres, tak ada masalah. Kalau tak ada Waduk Pluit 40,6 persen wilayah Jakarta akan tenggelam karena di bawah laut," jelasnya.

Ahok berani menjamin masalah banjir di Jakarta akan berkurang jika waduk dikelola dengan baik. "Tak mungkin banjir kalau waduknya beres. Saya jamin kalau itu diurusin tak bakal banjir. Makanya saya harapkan itu diselesaikan," tandasnya.

Satu-satunya jalan, kata Ahok, warga yang menempati waduk di sana harus dipindahkan ke rumah susun, sehingga Waduk Pluit dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya. "Kita tak mungkin menyingkirkan warga, kita sediakan rumah susun, itu yang konsep Pak Gubernur," pungkas Ahok.(Ado)

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    815 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    3.492 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    182 respon

Total Respon: 4.489
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft