Updated: Fri, 17 May 2013 20:30:00 GMT

Agar Tidur Nyenyak, Cat Kamar dengan Warna Biru

Menurut sebuah penelitian, seseorang yang mengalami susah tidur setiap malamnya, dapat dikaitkan dengan warna dinding yang ada di kamar orang tersebut.


Agar Tidur Nyenyak, Cat Kamar dengan Warna Biru

Sebuah penelitian menyebutkan, susah tidur bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya warna cat kamar tidur yang digunakan.

Ada beragam warna yang menurut kita baik, ternyata dapat memperburuk suasana tidur di malam hari. Jadi, ada baiknya mengetahui warna-warna apa saja yang cocok agar susah tidur bisa diatasi.

Biru ternyata merupakan salah satu warna yang banyak dipilih karena dianggap mencerminkan perasaan yang menenangkan. Selain itu, warna biru juga dipercaya dapat memperlambat denyut jantung, bahkan mengurangi tekanan darah.

Untuk orang yang memilih cat kamar berwarna biru, akan mendapatkan jam tidur selama 7 jam 52 menit per malamnya.

Tidak hanya biru, warna kuning dan hijau, pun banyak dipilih. Orang yang cat kamarnya berwarna kuning dan hijau, akan tidur hingga 7 jam 40 menit.

Bagi para penyuka warna ungu, ada baiknya tidak menggunakan warna itu. Ungu dipercaya akan memotong jam tidur kurang dari enam jam.

Yang lebih menyuramkan adalah warna abu-abu dan coklat karena dapat memotong jam tidur tak lebih dari enam jam.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Travelodge, jaringan hotel di seluruh dunia dengan mengamati 2.000 rumah di seluruh Inggris untuk mengetahui pengaruh warna pada kualitas tidur orang tersebut.

Para peneliti menemukan, orang yang tidur di kamar dengan cat berwarna tenang seperti kuning, biru, dan hijau, akan tidur nyenyak.

Seorang Sleep Expert dari Edinburgh Sleep Centre, London Chris Idzikowski, mengatakan, "Ini adalah hasil yang luar biasa, karena ada reseptor khusus yang disebut sel ganglion retina di bagian mata kita, yang paling sensitif terhadap warna biru."

Studi ini juga menemukan orang Inggris yang tidur di kamar bercat ungu, rata-rata hanya mendapatkan 5 jam 56 menit tidur per malam.

"Meski pun orang berpikir bahwa warna ungu menciptakan rasa mewah di kamar tidur, warna ini dapat mengurangi jumlah jam tidur orang tersebut," kata Colour Therapy & Holistic Interior Design consultant, Suzy Chiazzari, seperti dilansir Dailymail, Jumat (17/5/2013)

Berikut ini, ada beberapa warna yang patut Anda terapkan di kamar tidur untuk tidur yang lebih baik:

  1. Biru : 7 jam 52 menit
  2. Kuning : 7 jam 40 menit
  3. Hijau : 7 jam 36 menit
  4. Perak : 7 jam 33 menit
  5. Jeruk : 7 jam 28 menit
  6. Merah : 6 jam 58 menit
  7. Emas : 6 jam 43 menit
  8. Abu-abu : 6 Jam 12 menit
  9. Cokelat : 6 jam 5 menit
  10. Ungu : 5 jam 56 menit

(Adt/Abd)

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.295 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.285 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    467 respon

Total Respon: 7.047
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft