Updated: Sat, 19 Jan 2013 14:23:00 GMT

Ada Mesin Suling, Pasokan Air Bersih Korban Banjir Aman

Di tengah banyaknya air yang menggenangi Jakarta, pasokan air bersih jadi barang langka. Tak kunjung didapatkan, para korban banjir terpaksa menggunakan air kotor.


Ada Mesin Suling, Pasokan Air Bersih Korban Banjir Aman

Di tengah banyaknya air yang menggenangi Jakarta, pasokan air bersih jadi barang langka. Tak kunjung didapatkan, para korban banjir terpaksa menggunakan air kotor. Untuk itu mesin penyulingan air diberondong ke Kampung Pulo, Jakarta Timur salah satu kawasan yang tergenang banjir cukup parah.

Direktorat Zeni Angkatan Darat (Ditziad) yang menyediakan mesin itu bagi para korban banjir di Kampung Pulo. Sudah dua hari mereka melayani mereka yang tengah dikepung genangan air kecokelatan itu.

"Awalnya kami di pengungsian RS Hermina, lalu pindah ke sini (Kantor Sudinkes), karena lebih banyak pengungsi yang butuh air bersih," kata Kapten Watimena kepada Liputan6.com di Kantor Sudinkes, Kampung Pulo, Jakarta Timur, Sabtu (19/1/2013).

Watimena menuturkan, mesin itu dapat menyediakan seperempat liter air bersih tiap detiknya. Air bersih dihasilkan melalui proses penyaringan air Kali Ciliwung.

Untuk menghasilkan air bersih, lanjut dia, harus melalui 2 proses besar penyulingan. Pertama, air akan disaring melewati pasir putih dan karbon aktif di dalam mesin tersebut. Proses selanjutnya, air akan disuling dengan membran yang mampu mengubah air semula berwarna keruh menjadi jernih. Selain itu, membran tersebut juga mampu menghilangkan bau tidak sedap.

"Ini bisa langsung diminum. Jadi krisis air di sini, alhamdulillah bisa teratasi," imbuh dia.

Dengan membawa botol berukuran 1 liter, beberapa pengungsi mengantri untuk mendapatkan air bersih hasil penyulingan tersebut.(Ndy)

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    660 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    2.737 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    144 respon

Total Respon: 3.541
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft