Updated: Mon, 10 Jun 2013 21:12:00 GMT

5 Alasan Utama Pentingnya Menabung Sejak Usia Dini

Meski banyak dari Anda yang sudah mempunyai tabungan, belum tentu Anda memahami dengan baik mengapa Anda menabung.


5 Alasan Utama Pentingnya Menabung Sejak Usia Dini

Liputan6.com, Los Angeles : Kebanyakan orang tua mengajarkan anak-anaknya untuk menabung sejak masih kecil. Seringkali di sekolah, sang anak dididik untuk menyisihkan uang jajannya untuk menabung. Hingga beranjak dewasa, anak-anak tersebut lalu dikenalkan dengan tabungan di bank dengan segala programnya.

Meski banyak dari Anda yang sudah mempunyai tabungan, belum tentu Anda memahami dengan baik mengapa Anda menabung. Biasanya Anda menyimpan uang di bank-bank yang menawarkan program tabungan pendidikan anak atau untuk membeli rumah. Padahal masih banyak alasan lain, kenapa seseorang harus menabung.

Berikut 5 alasan dan saran kenapa menabung penting untuk hidup Anda seperti dilansir dari magforwoman.com, Senin (10/6/2013):

1. Menabung untuk kondisi darurat

Sulit sekali rasanya saat Anda atau anggota keluarga sedang menderita sakit, namun Anda tak punya tabungan. Anda akan kesulitan mendapatkan perawatan tanpa uang. Atau contoh lain, saat mobil Anda rusak dan perlu ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk memperbaikinya. Dalam kondisi darurat begitu, tabungan bagaikan malaikat penolong bagi Anda.

2. Menabung untuk liburan

Tak perlu bingung kenapa Anda disarankan menabung bertahun-tahun hanya untuk liburan karena semua orang butuh hiburan. Setelah sehari-hari mendapat tekanan kerja, berekreasi bisa menjadi salah satu cara terbaik melepaskannya. Liburan bisa menjadi keharusan karena Anda dan keluarga memang layak melakukannya untuk sejenak keluar dari rutinitas yang menjenuhkan.

3. Menabung demi masa depan

Meski Anda baru mulai bekerja, dan masih berumur 20 tahun ke atas, tak ada kata terlalu cepat untuk menabung sebelum pensiun. Kebanyakan pegawai mengabaikan pentingnya menabung untuk hari tua. Walaupun jumlahnya hanya sedikit, tapi seiring berjalannya waktu, jumlahnya akan terus melimpah. Simpanlah tabungan masa tua di bank yang berbeda untuk masa tua Anda.

4. Menabung untuk menghasilkan lebih banyak uang

Alasan utama Anda harus menabung sejak dini adalah pada jumlah tertentu Anda bisa mulai berinvestasi. Macam-macam bentuk investasi yang bisa Anda lakukan seperti deposito, ekuitas, reksa dana, atau bahkan properti. Dengan begitu, uang yang Anda tabung bisa menghasilkan lebih banyak harta.

5. Menabung agar tidak stress di kemudian hari

Masalah keuangan dapat sangat memusingkan hidup Anda. Bahkan di Amerika Serikat, urusan ini menjadi penyebab utama perceraian. Menghindari stress merupakan salah satu alasan kenapa Anda harus mulai menabung. Dengan jumlah tabungan yang cukup dan jaminan keuangan, hubungan Anda dan pasangan akan semakin harmonis.(Shd)

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.577 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.060 respon
  3.  
    6 %
    Tidak tahu
    391 respon

Total Respon: 6.028
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft